2980 Ekor Ternak Qurban Disemblih Di Kabupaten Solok: Ribuan Umat Islam di Kabupaten Solok Shalat Idul Adha di GOR Batu Batupang

0
537

SOLOK, JN- Ribuan umat Islam di Kabupaten Solok, melaksanakan Shalat Idul Adha 1439 Hijriah di GOR Batu Batupang Koto Baru, Kabupaten Solok, Rabu (22/8). Bupati Solok, H. Gusmal dan isteri Ny. Desnadevi Gusmal, Sekretaris Daerah, Aswirman dan unsur Kepala SKPD serta unsur Forkomfimda Kabupaten Solok, juga tampak melaksanakan ibadah Shalat di GOR Batu Batupang.
Sementara yang bertindak sebagai Khatib Idul Adha kali ini adalah Tengku H. Nasrullah, LC. MA, dari Banda Aceh, yang mana dalam amanahnya menyampaikan pentingnya berkurban dan meneladani kesabaran nabi Allah Ibrahim AS, yang karena kecintaannya kepada Allah rela mengorbankan anak semata wayangnya karena mengikuti perintah Allah. “Perintah Allah jauh lebih utama diatas kepentingan lainnya, hal itulah yang sudah dicontohkan Nabi Allah Ibrahim, AS, dimana anak yang dicintainya juga mau dikorbankan karena perintah Allah. Namun waktu nabi Ismail akan disemblin, Allah menggantinya dengan seekor domba,” jelas Tengku H. Nasrullah.

Meski ditengah cuaca yang panas terik, namun umat Islam tampak setia mendengarkan arahan dari khatib. Pada kesempatan itu, Khatib juga menceritakan bahwa apa yang sekarang sudah diciptakan manusia, sudah ada dikisahkan dalam Al Qur’an termasuk tentang teori bumi itu bulat dan setia mengelilingi matahari yang dikemukakan oleh ilmuwan telah lebih dulu diterangkan Allah dalam Al Qur’an. Pihaknya juga mengajak umat Islam untuk selalu introspeksi diri bahwa apa yang kita miliki saat ini sesungguhnya merupakan pinjaman dari Allah dan suatu saat akan diambil. Begitu juga dengan berkurban karena Allah dan itulah nanti yang jadi penolong kita pada hari akhir.

Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya juga mengajak jamaah untuk mengenang sejarah Qurban dari Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS dan mengajak umat muslim untuk mengimplementasikan semangat pengorbanan Nabi Ibrahim dan keikhlasan nabi Ismail dalam mewujudkan masyarakt sejahtera yang agamis di Kabupaten Solok dalam kehidupan sehari-hari. “Pada hari Raya Idul Adha ini, saya juga menghimbau agar kita semua menyukseskan Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah serta mendukung Sekolah Umum Berbasis Pesantren sebagai sarana masyarakat yang beriman dan bertaqwa di Kabupaten Solok,” jelas Gusmal. Pihaknya juga mengajak umat Islam untuk saling membantu sesama, terutama saudara yang kurang mampu agar bisa saling berbagi.
Sebelumnya, pada Selasa malam (21/8), Bupati Gusmal juga menghadiri acara malam takbiran yang diselenggarakan oleh PHBI Kabupaten Solok yang diselenggarakan di Islamic Center Koto Baru.

Ketua PHBI Kabupaten Solok, H. Alizar, M. Agdalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada kita semua khususnya pemerintah daerah yang telah membantu kegiatan PHBI salah satunya adalah kegiatan pada malam hari ini. “Perlu saya sampaikan bahwa 175 orang jemaah haji kita yang berada di Mekah saat ini berada dalam keadaan sehat Wal Afiat dan untuk tahun ini jumlah ternak qurban kita cukup signifikan, dimana yang telah terdata jumlah ternak kurban berjumlah 2980 ekor yang akan di sembelih, dengan rincian 2581 ekor sapi, 392 ekor kambing 10 ekor kerbau,” jelas Alizar.
Pihaknya juga menjelaskan bahwa suksesnya pelaksanaan Idul Adha di GOR Batu Batupang tak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here