2019 UIN Imam Bonjol Padang Bertekad Akreditasi A

0
3293
PADANG, JN- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman, bertekad pada tahun 2019, UIN terakreditasi A. Hal inilah yang dikatakan saat membuka kegiatan Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Jumat (15/12).
“Kita optimis sejatinya kita sudah bekerja dengan cepat -full speed- sejak dua tahun terakhir” katanya.  Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelumnya akreditasi institusi perguruan tinggi Islam tertua di Sumatera ini saat masih berstatus IAIN sudah baik dan mendapat peringkat B.
Sebagai modal dasar, akreditasi seluruh program studi (prodi) sudah baik.  Hanya ada dua prodi Sarjana yang terkareditasi C, Namun sudah divisitasi BAN PT.
Selain mengejar standar untuk alih status menjadi UIN, pihaknya sudah melakukan perbaikan dalam banyak hal. “Kita sudah perbaiki performa sumber daya manusia, standar sarana prasarana, kurikulum dan pengembangan prodi” paparnya. Rekotor UIN Imam Bonjol Padang bersama jajaran terus melakukan perbaikan,karena masih terdapat kekurangan.
Sementara Pro Dr. Ir.  S.M Widyastuti, M.Sc, Anggota Tim Dewan Eksekutif BAN-PT, mengatakan, akreditasi mesti diartikan sebagai sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi.
Sementara akreditasi Institusi Perguruan Tinggi merupakan, proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi, terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.
Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi, dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.
“Jadi, jangan khawatir dengan hasil review dari pihak eksternal. BAN PT adalah external review.  Mestinya lebih takut review internal karena pihak internal lebih paham situasi di dalam,” tandasnya.
Ia juga menjelaskan asesmen surveilen ada tiga jenis yaitu pertama, surveilen banding bila perguruan tinggi yang dinilai tidak puas atas hasil akreditasi Kedua, surveilen untuk peguruan tinggi alih bentuk, seperti perubahan bentuk dari IAIN menjadi UIN Imam Bonjol saat ini. Ketiga, surveilen investigas, yaitu bila ada laporan dari masyarakat, ada permintaan dari stakeholder.
Terkait kapan hasil asesmen ini dapat diketahui, dirinya meminta waktu (mep/eko M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here