Dodo Putra dan Natasya Jihandara Terpilih Jadi Duta Genre Kabupaten Solok 2020

SOLOK, KP

Dodo Putra siswa MAN 1 Solok dan Natasya Jihandara pelajar SMA 2 Sumatera Barat, terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Solok Tahun 2020, pada acara yang berlangsung di GOR Batu Batupang, Koto Baru, Sabtu Malam Minggu (22/2).

Pada malam grand final pemilihan duta gendre dan penobatan Ayah Bunda Genre Motivator dan Kreator 2020, tampak dihadiri oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM. Selain itu juga hadir Ketua DPRD Kabupatwn Solok, Jon Firman Pandu, beserta beberapa anggota DPRD Kabupaten Solok, Sekda Kab. Solok, H. Aswirman, SE. MM, beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab Solok, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadefi Gusmal, Ketua IKA DPRD Kabupatenn Solok, Ny. Kurniati Jon F Pandu, Ketua DWP Kabupaten Solok, Ny. Herlina Aswirman, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumbar, Estelita, M.Si, Kepala BNNK Kabupaten Solok, AKBP Saifuddin Anshori, S.IK dan lainnya.

Ketua panitia pelaksana acara, Zulfahmi, SH, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa pemilihan duta genre ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman sikap dan perilaku positif remaja dalam pengembangan diri, serta berkarakter dan berintegritas baik di lingkungan sekolah/kampus serta masyarakat dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program genre di era industry 4.0 (era digital).

Disebutkannya, selama ini prestasi duta genre Kabupaten Solok di tingkat Provinsi cukup membanggakan, ini terbukti dengan masuk Top Five duta genre putri tahun 2017 tingkar Provinsi Sumbar, juara II forum group discussion duta genre Provinsi Sumbar, juara II umum pada jamboree suka kencana tingkat Provinsi Sumbar, duta genre Kabupaten Solok menjadi runner up 1 di tingkat Prov Sumbar tahun 2018 dan beberapa prestasi lainnya. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 31 Januari 2020 yang diawali dengan tecnikal meeting dan audisi, lalu dilanjutkan dengan karantina (19-21 Februari 2020).

Pada saat audisi ada 149 peserta yang ikut, dan yang masuk sebabagi finalis sebanyak 20 pasang (40 orang). Sasaran yang mengikuti pemilihan duta genre ini ialah tremaja, siswa/I, mahasiswa/I yang aktif dalam kegiatan PIK Remaja.

Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Sumbar, Estelita, M.Si, dalam sabutannya

Berterimakasih dan mengapresiasi Bupati menyampaikan terimakasih Bupati Solok yang telah bersedia menghadiri dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pemilihan duta genre tahun ini.

“BKKBN selalu berusaha menyiapkan generasi muda yang sehat, terhindar dari berbagai permasalahan remaja dan menjadikan remaja yang produktif dan berkualitas, agar nanti mampu meraih bonus demografi dan Indonesia emas,” Sebut Estelita. Pemilihan duta genre ini dalam rangkaa mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK-R.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam sambutannya nenyampaikan bahwa pada zaman industry 4.0 (era teknologi digital) ini, akan melahirkan distruption (gangguan) dan shifting (pergeseran) di berbagai bidang kehidupan sehingga mengubah pola interaksi, nilai, norma, system, tatanan, kebutuhan, tantangan, peluang, ancaman dan paradigm baru diberbagai sector yang harus disikapi secara bijaksana, maka dari itu kita harus mampu meningkatkan wawasan yang lebih baik lagi.

“Setiap bangsa menaruh mimpi dan harapan akan masa depan yang lebih baik pada generasi muda sebagai penerus bangsa, maka dari itu kkita akan terus berusaha menciptakan generasi muda yang berkarakter,” sebut Gusmal. Pihaknya juga berpesan kepada para finalis duta genre dan generasi muda lainnya agar dapat menghindari pernikahan dibawah umur, penyimpangan seksual (LGBT) dan penyalahgunaan narkoba serta pergaulan bebas lainnya.

“Jadilah motivator dan teladan bagi teman sebaya dan masyarakat dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi berbagai program genre,” sebut Gusmal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok beserta istri juga menobatkan Ketua DPRD Kabupaten Solok sebagai Ayah Genre Motivator kabupten Solok 2020 dan Bunda Genre Kreator Kabupaten Solok 2020 kepada Pembina PIKR SMA 1 Gunung Talang, Dra. Hasnimar.

Berikut pemenang duta gendre 2020:

Duta Genre Kab. Solok 2020

Dodo putra (MAN 1 Solok)

Natasya Jihandara (SMA 2 Sumbar

RU 1 Duta Genre

Alhikmatul Ridho (SMA 2 Sumbar)

Ulfa Rahmatami (UNP)

RU 2 Duta Genre

Albee Syah Bandar (SMA2 Guntal)

Nur Azizah Aulia Putri (SMA 1 Guntal)

Harapan 1 Duta Genre

Wahyu Alfauzan (UNAND)

Nurrahma AYSHA (PIKR Koto Baru)

Harapan 2 Duta Genre

Imam Hanif Alfikri (SMA 2 Sumbar)

Shahira Luthfia Putri (SMA 2 Guntal)

Duta Genre Anti HIV/Aids

Muhammad raffi Ghifari (SMA 2 Sumbar)

Putri Amalia Asmara (SMA 2 Guntal)

Duta Genre Anti Narkoba

Muhammad Ananda Bagus (SMA 1 Guntal)

Adinda Salsabila (SMA 1 Lembah Gumanti)

Duta Genre Best Speaker

Bambang Satria Pasenda (SMK 1 Guntal)

Aifha Wihana Althifa (SMA 1 Guntal)

Duta Genre Talenta

Rezeky Genesis Sitompul (SMA 2 Guntal)

Fiki Maideja (UNES)

Duta Genre Kepemimpinan

Rangga Zamahendra (SMA 1 Guntal)

Nuraini (PIKR Junjung Sirih)

Duta Genre Persahabatan

Ahmad Fajar Mubaraq (SMA 1 Guntal)

Dini Indriyani Pratama (SMA 1 pantai Cermin)

Duta Genre Favorit

Samid Umbran ( SMA 2 Guntal)

Tasya Rizki Ananda Putri (MAN 1 Solok)

Reporter: wandy
Editing.: Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here