Bupati Solok, H. Gusmal: Taman Tugu Ayam Memang Sengaja Tidak Disediakan Toilet Umum

0
332

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, menjelaskan bahwa Taman Tugu Ayam Arosuka yang terletak dan diapit antara kantor Bupati Solok dan Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Solok, sengaja tidak diberi fasilitas WC Umum atau toilet, karena Taman tersebut nantinya akan dipindahkan ke Taman Hutan Kota Wisata (THKW) terpadu Sukarami, yang terletak sekitar 200 meter dari Taman Tugu Ayam.
“Ya memang kita sengaja tidak membuat dan menyediakan Toilet Umum di Taman Tugu Ayam, karena dalam waktu dekat akan dipindahkan ke Taman Hutan Kota Wisata yang sarananya lebih lengkap dan lebih luas, ” jelas H. Gusmal, usai membaca Pemberitaan Koran Padang terbitan Rabu 5 Februari 2019 kemaren, tentang Taman Tugu Ayam yang tidak dilengkapi Toilet Umum, sehingga pengunjung kesulitan mencari Toilet disaat kebelet pipis atau buang air besar.
Gusmal juga menjelaskan bahwa Taman Tugu Ayam dibiarkan untuk tempat bermain dan wisata keluarga, namun kebersihannya tetap harus dijaga.
Sebelumnya. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, menyorot tajam Pemkab Solok dan berharap Pemerintah Kabupaten Solok untuk segera melengkapi taman tugu ayam dan Taman Hutan Kota Wisata Terpadu, Sukarami, dengan sarana dan fasilitas toilet umum.

“Saya melihat di Tugu Ayam Arosuka dan Taman Hutan Kota Wisata Sukarami, belum memiliki fasilitas WC umum, sehingga warga masyarakat yang berkunjung ke sana kesulitan untuk mencari tempat buang air keil dan besar,” jelas Jon Firman Pandu, Senin (4/2). Jon Firman Pandu menilai, toilet ini harus disediakan pemerintah dalam rangka menyediakan layanan publik yang maksimal. Selain itu juga dalam rangka menjaga kebersihan taman kota dan seitarnya agar terjaga dari keyamanan pengunjun
Disebutkan Jon Pandu bahwa di sekitar taman Tugu Ayam dan Taman Hutan Kota Wisata itu belum didukung ketersediaan toilet umum, padahal kawasan tersebut menjadi pusat aktivitas warga, terutama siang hingga malam hari bersama keluarga.

“Saya tidak bisa membayangkan, bila ada anak-anak yang kebelet pipis atau buang air besar, pasti orang tuanya tidak segan-segan meminta anaknya untuk buang air di sana saja, sebab memang tidak tersedianya fasilitas toilet di Taman tersebut,” tutur politisi dari Partai Gerindra itu (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda