OlahragaSolok Raya

Sempat Tertunda, Turnamen Bupati Solok Cup 2022 Kembali Akan Digelar Kamis 24 November 2022

×

Sempat Tertunda, Turnamen Bupati Solok Cup 2022 Kembali Akan Digelar Kamis 24 November 2022

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Turnamen Sepakbola Bupati Solok Cup 2022 yang dibuka oleh Bupati Solok, H. Epyardi Asda pada tanggal 4 November 2022 lalu, sempat terhenti karena cuaca buruk dan ada juga karena adanya protes dari Kecamatan Lembah Gumanti terhadap keputusan wasit.

Pada pertandingan hari Senin lalu (14/11), terjadi protes dari manager kesebelasan Lembah Gumanti, terhadap keputusan wasit Hendri, dimana gol yang sudah disahkan oleh wasit diprotes oleh Tim Lembah Gumanti, bahwa sebelum terjadinya tendangan pojok dari Kesebelasan Kecamatan Singkarak dan bola gol, dianggap tidak menyentuh pemain bertahan Lembah Gumanti.

“Selain itu turnamen ini ditunda karena lapangan GOR Batu Batupang Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, diguyur hujan dan cuaca buruk, sehingga pihak keamanan meminta kepada panitia untuk menghentikan sementara pertandingan,” terang Ketua Bidang Kompetisi Bupati Solok, Yusmardi Dt Gamuak, Senin (21/11).

Namun setelah rapat bersama antara panitia pelaksana dan seluruh tim yang lolos ke perempat final, ditambah OPD terkait dan Polres Solok, maka semua sepakat turnamen ini dilanjutkan hari Kamis tanggal 24 November 2022 pukul 15.00 WIB.

Rapat digelar Senin (21/11), bertempat di ruang rapat Setda, dengan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Medison, dengan dihadiri oleh Kadis Pendidikan, Zainal Jusmar, Kabidpora, Mawardi, Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo, S. Ik, yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Solok, Kompol Andri Nugroho Saputro, Plt. Kasat Reskrim, Iptu Oon Kurnia Ilahi. SH, Anggota Intel, Ketua Panitia, Sofriwandy NR, Sekretaris Panitia, Miler Krisdoni, Bendahara, Zulfa Zetya dan seluruh bidang kompetisi. Selain itu hadir, Kabag Umum, Indra Mukhsis, Dinas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, DLH, Seluruh camat yang timnya sudah lolos, para oficial dan pelatih kepala Kecamatan.

Baca Juga :
Deni Prihatni Pimpin Apel Pagi Gabungan Pemerintah Kabupaten Solok

Ketua panitia pelaksana, Sofriwandy NR, pada kesempatan itu, merasa bersyukur karena turnamen ini bisa dilanjutkan kembali, meski sempat terhenti karena ada masalah cuaca buruk dan adanya aksi protes dari Tim Lembah Gumanti.

“Sesuai tujuan awal, turnamen ini digelar untuk mencari bibit-bibit pemain berbakat dan akan dijadikan kesebalasan andalan Kabupaten Solok untuk mengikuti ajang resmi di tingkat Sumbar. Kalaupun ada sedikit riak, itu saya rasa hal biasa, namanya juga sepakbola,” sebut Sofriwandy.

Untuk lanjutan Delapan besar, maka seluruh tim yang lolos kembali dilakukan MCM  dan seluruh kecamatan wajib menandatangani MoU yang sudah dibuat oleh panitia, agar tidak melakukan keributan dan lainnya.

Kabag Ops Polres Solok, Kompol Andri Nugroho Saputro, pada kesempatan itu juga menekankan agar seluruh tim yang lolos ke perempat final, bisa mematuhi statuta yang sudah dibuat dan tidak akan melakukan keributan. 

“Silahkan kepada tim yang merasa tidak puas dengan keputusan wasit nantinya, agar membuat surat protes secara resmi ke panitia dan itu harus melalui prosedur atau statuta yang sudah disepakati bersama,” terang Kompol Andri Nugroho Saputro.

Baca Juga :
Match Commisioner Sumatera Barat Puji Pelaksanaan Turnamen Bupati Solok Cup 2023

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, pada saat membuka rapat kembali menekankan kepada seluruh tim peserta dan Camat, untuk bisa meredam pendukungnya agar tidak berbuat brutal dan anarkis.

“Mari junjung tinggi sportivitas dan jaga keamanan bersama. Tujuan kita menggelar turnamen ini setekah hampur 20 tahun terhenti, adalah untuk memberi hiburan kepada masyarakat dan juga mencari bibit pemain berbakat dan hormati keputusan wasit,” terang Medison.

“Sesuai pesan Bapak Bupati, seharusnya melalui sepakbola ini kita bisa menambah kawan, bukan sebaliknya. Untuk itu peristiwa aksi protes wasit okeh Tim, mari kita jadikan hal ini evaluasi, termasuk juga untuk panitia,” terang Medison.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian keputusan rapat panitia dan MoU bersama tim kecamatan.

Salah satu poin MoU tersebut yakni bahwa Kesebelasan atau Tim Kecamatan yang memulai atau memancing keributan dan anarkis, akan didenda dan timnya akan digugurkan.

Rapat juga nenyepakati bahwa lanjutan pertandingan babak penyishan yang tersisa pada Grup C yakni antara Kesebelasan Kecamatab X Koto Diatas melawan Kubung akan dihelat Kamis tanggal 24 November 2022 pukul 15.00 WIB dan dilanjutkan hari Jum’at tanggal 25 November 2022 babak perempat final (jn01/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *