Semen Padang Berpeluang ke Liga 1, Persis Solo Menangis

0
132

PADANG, JN-Semen Padang menatap Liga 1. Tim berjuluk Kabau Sirah itu berpeluang kembali ke kasta tertinggi sepak bola nasional setelah berhasil melaju ke babak 8 besar Liga 2 musim ini.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sejauh ini belum memastikan kapan babak 8 besar bakal digelar. Namun rencananya 8 tim yang lolos bakal dibagi ke dalam 2 grup dan bertanding dalam format kandang-tandang. Tiga tim terbaik bakal promosi ke Liga 1 musim depan.

Semen padang lolos ke babak 8 besar Liga 2 setelah jadi pemuncak klasemen Wilayah Barat dengan 39 poin. Selanjutnya, tim kebanggaan warga Sumatera Barat itu akan bertarung dengan peserta lainnya untuk memperebutkan tiket promosi ke Liga 1 musim 2019.

Selain Semen Padang, Wilayah Barat juga meloloskan Persita Tangerang. Pendekar Cisadane yang sempat menjadi penghuni liga tertinggi di Tanah Air itu juga berhasil melaju ke babak 8 besar setelah menempati peringkat keempat klasemen akhir Liga 2 Wilayah Barat.

Sementara dari Wilayah Timur, PSS Sleman juga melaju mulus ke babak 8 besar. Elang Jawa menjadi pemuncak klasemen dengan torehan 43 poin dari 22 laga. Menyusul di posisi kedua, Kalteng Putra dengan 39 poin. Simak daftar lengkap tim yang lolos ke 8 besar di bawah ini.

Persis Solo dipastikan gagal melangkah ke babak 8 besar Liga 2 2018. Hal itu tak terlepas dari kekalahan 0-1 dari tim tuan rumah Semen Padang pada pertemuan kedua tim pada pekan ke-22, Senin (15/10/2018), di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Meski menjelang laga, posisi Persis berada di peringkat kedua di bawah Semen Padang, kekalahan di Padang ditambah dengan hasil maksimal yang dibukukan Aceh United dan Persita Tangerang yang memenangi pertandingan di partai pamungkas, membuat Persis Solo kalah head to head dan terlempar ke posisi lima Wilayah Barat.

“Kami tidak masuk 8 besar, kami kalah head to head dengan tim lain (Aceh United dan Persita), meski memiliki poin sama. Jangan salahkan pemain dan manajemen tim. Saya yang salah dan harus bertanggung jawab,” ungkap Agus Yuwono di Padang, Senin (15/10/2018).

Senada dengan sang pelatih, penjaga gawang Persis, Galih Sudaryono, mengaku sedih dengan format yang akhirnya membuat Persis tersingkir dari perburuan tiket 8 besar. “Kami minta maaf kepada Pasoepati (suporter Persis) karena kami belum bisa memberikan hasil terbaik,” ucapnya.

Di sisi lain, kemenangan atas Persis membuat Semen Padang mengakhiri fase penyisihan grup dengan status juara Wilayah Barat. Raihan poin maksimal ini juga mengakhiri rentatan hasil buruk tim Kabau Sirah pada empat laga terakhir.

 

 

 

Berikut 8 Tim yang Lolos ke 8 Besar Liga 2:

Wilayah Barat

  1. Semen Padang
  2. Persiraja Banda Aceh
  3. Aceh United
  4. Persita Tangerang

Wilayah Timur

  1. PSS Sleman
  2. Kalteng Putra
  3. Madura FC
  4. Mojokerto Putra  (Sumber Bola.com dan Liputan 6.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda