Peringatan Haornas 2017 di Kabupaten Solok, Atlet dan Pelatih Berprestasi Diberi Penghargaan

0
918

 SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal Dt rajo Lelo, SE, MM, meminta insan olahraga di Kabupaten Solok terus meningkatkan presatsinya,  sesuai cita-cita para pejuang kemerdekaan negara ini. Selain itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok, bisa menjadi wadah untuk memajukan olahraga di Kabupaten Solok dan Sumatera Barat serta nasional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gusmal, saat menjadi Inspektur Upacara bendera, pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke- XXXIV Tahun 2017 pada Kamis 14 September 2017, bertempat di halaman upacara kantor Bupati Solok. Meski Haornas jatuh pada Tanggal 9 September setiap tahunnya, namun karena beberapa kesibukan ditunda peringatannya untuk Kabupaten Solok. Peringatan Haornas menjadi momentum penting dalam mengisi pembangunan olahraga dan peningkatan prestasi. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Solok  pada peringatan tersebut juga memberikan anugerah kepada para atlit dan  pelatih berprestasi yang mengharumkan prestasi olahraga daerah penghasil beras itu.

Bupati Solok Gusmal juga mengajak kepada seluruh aparatur sipil yang mengurusi bidang olahraga untuk menggelorakan dan menyemarakkan olahraga sampai ke ligkungan terkecil sehingga tercapai masyarakat yang sehat dan produktif. “Marilah kita bersama-sama membina olahragaan daerah dan nasional, dengan menjunjug tinggi nilai-nilai sportivitas olahraga sesuai kebijakan bapak presiden Republik Indonesia dalam prioritas Revolusi Mental dan akhlak yang baik,” jelas Gusmal.

Dijelaskan Bupati, dengan melalui olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan kata Bupati, akan menjadi wadah untuk perbesar basis-basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi pembangunan Nasional yang berdaya saing. Untuk mewujudkan hal itu menurut Gusmal, sangat diperlukan peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktifitas sehari-hari. “Marilah kita lihatkan potensi terbaik kita dengan sungguh-sungguh, sehingga kita bisa makin berprestasi,” ujar Gusmal. Ditambahkan Bupati, pada tahun ini ada 3 kegiatan utama yang difasilitasi untuk masyarakat. Yaitu Gowes pesona nusantara, Gala Desa dan liga sepakbola Pelajar berjenjang. Kegiatan ini menurut Gusmal bertujuan untuk mengajak masyarakat agar terbiasa bergerak dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup (life style).

Dalam meningkatkan prestasi ke depan, kata Bupati, pihaknya menekankan pentingnya pembinaan berjenjang, sitematis dan berkesinambungan. Semua itu juga diperkuat dengan penerapan iptek olahraga, serta meningkatkan mutu tenaga keolahragaan. “Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen yang ada di daerah ini yang telah menggerakkan masyarakat untuk membina para atlet agar mampu berprestasi maksimal,” terang Gusmal.

              Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Haornas tahun ini, KONI sebagai induk organisasi olahraga di daerah itu, juga memberikan apresisasi kepada tokoh-tokoh dan BUMN yang peduli olahraga. Diantara penerima penghargaan itu  dari kalangan atlit antara lain Salwa Ivo Mahardika dari cabang Taekwondo, Nur Hidayat cabor Catur dan Safira Inggrida cabang Wushu. Sedangkan dari Pelatih adalah Ridwan Chan pelatih cabang Tinju, Hendri Alex, dari cabor Mhuaythai dan Fetrizal pelatih dari cabang Kempo. Selain menerima piagam penghargaan, para atlit dan pelatih berprestasi ini juga menerima uang pembinaan masing-masing Rp. 2 Juta.

Sedangkan untuk tokoh peduli Olahraga diterima oleh H. Hardinalis Kobal yang juga ketua DPRD Kab. Solok dan Ahmad Rius (anggota DPRD Sumbar). Sementara untuk BUMN Peduli Olahraga diterima oleh Bank Nagari Cabang Solok dan PT. Tirta Investama Aqua.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan peringatan Haornas di Kabupaten Solok dilanjutkan dengan kegiatan senam massal serta pembagian doorprize yang di sponsori oleh Bank Nagari Cabang Solok.

Hadir dalam upacara itu, Bupati Solok Gusmal, Sekda Kab Solok Aswirman, Ketua DPRD Kab. Solok Hardinalis,  Forkompinda, Para kepala OPD, Pengurus Koni Kab. Solok, para pegawai di lingkup pemerintahan Kab. Solok serta para atlit dan pelatih (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here