Hari Kedua Turnamen MKC:Kubung dan Bukit Sundi Kembali Raih Kemenangan

0
226

SOLOK, JN- Hari kedua Turnanen Minang Kabau Cup Tahun 2019 tingkat Kecamatan di Kabupaten Solok, Selasa (15/1), Tim Kecamatan Bukit Sundi menang besar 6-1 atas Tigo Lurah.

Sebelumnya pada pertandingan hari pertama, Tim Bukit Sundi, juga meraih kemenangan besar 3-0 atas Tim Kecamatan Payung Sekaki.

Pada permainan kedua di lapangan yang sama,  tim Payung Sekaki juga menggunduli Lembang Jaya 4-0. Pada pertandingan hari pertama, Payung Sekaki mengalami kekalahan 3-0 dari Bukit Sundi. Keempat tim tersebut tergabung dalam Wilayah Tiga. Grup III ini dipimpin oleh Kecamatan Bukit Sundi dengan 6 poin dan diikuti Payung Sekaki dan lembang Jaya,  masing-masing 3 poin dan juru kunci Tigo Lurah dengan 0 poin setelah mengalami dua kali kekalahan. 
Sementara di Grup I,  Tim Kecamatan Kubung juga meraih kemenangan tipis 2-1 atas Tim Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.  Sebelumnya Kubung pada pertandingan pertama,  juga menang 2-0 atas Gunung Talang. Grup 1 ini juga dipimpin Kecamatan Kubung dengan 6 poin dan dipastikan menjadi juara grup 1.
Sementara di Grup II,  pada pertandingan hari kedua,  Tim Junjung Siriah,  menang tipis 1-0 atas Kecamatan X Koto Diatas.  Grup ini hanya diikuti 3 tim yakni X Koto Singkarak yang pada hari pertama juga menang 3-0 atas X Koto Diatas. 
Sementara pada grup IV,  persaingan untuk lolos ke babak 8 besar juga terjadi.  Pada pertandingan hari kedua,  Pantai Cermin dibantai Danau Kembar 2-1 dan Hiliran Gumanti menang tipis 1-0 atas Lembah Gumanti. Dengan hasil tersebut, Hiliran Gumanti memimpin bersama Danau Kembar dengan 4 poin masing-masing dua kali main dengan Satu kali kemenangan dan satu kali seri. Namun Hiliran Gumanti unggul selisih gol. Pantai Cermin berada dijuru kunci dengan 0 poin setelah mengalami kekakahan. 
 Pembukaan turnamen paling bergengsi di bumi Ranah Minang tersebut, dilangsungkan pada Senin 14 Januari 2019 dan diikuti oleh14 Kecamatan yang ada di bumi Markisah itu.
 Pergelaran turnamen Minangkabau Cup II tahun 2019 resmi ditabuh di kabupaten Solok dan pembukaan resmi di pusatkan Senin di Lapangan Limau Puruik, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi dan dibuka secara resmi oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Wakil Bupati  H. Yulfadri Nurdin, SH.
K hadir pada pembukaan Turnamen Minang Kabau Cup 2019 di Lapangan Muara Panas tersebut antarara lain Camat Bukit Sundi, Drs. Efriadi, Kapolres Solok, Kapolresta Solok yang diwakili oleh Kapolsek Bukit Sundi, Iptu Defrianto, Walinagari Muara Panas, Fery Efendi, tokoh masyarakat dari Empat Kecamatan seperti Yusmardi Dt Gamuek, tokoh Masyarakat Gunung Talang, Ali Zamri dan para penggiat serta pecandu bola di daerah tersebut.

Dalam turnamen kali ini, Wilayah pertandingan dibagi dalam 4 zona wilayah dalam partai penyisihan. Zona I (satu) hingga Zona IV (empat) .
Wilayah satu dihuni oleh kecamatan Gunung Talang, Kecamatan Kubung dan IX Koto Sungai Lasi. Kemudian wilayah dua terdiri atas kecamatan X Koto Singkarak, X Koto Diatas dan kecamatan Kunjung Sirih.
Kemudian wilayah tiga diisi oleh empat daerah, Kecamatan Bukik Sundi, Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Tigo Lurah dan Kecamatan Lembang Jaya. Kemudian wilayah IV diikuti oleh kecamatan Hiliran Gumanti, Lembah Gumanti, Pantai Cermin dan Danau Kembar.Secara serentak, pertandingan di emoat wilayah juga digulirkan pada hari yang sama.
Ketua Pelaksana pertandingan MKC Ii Kabupaten Solok,  Sofriwandy menjelaskan bahwa pertandingan babak penyisihan hingga babak final akan dilangsungkan dari tanggal 14 Januari hingga 25 Januari 2019. Nantinya, tiga kecamatan terbaik akan mewakili kab. Solok dalam Minangkabau Cup tingkat Sumbar. “Masing-masing juara Wilayah dan Runner Up akan maju ke babak Delapan besar,” jelas Wandy, yang juga wartawan sebuah media Harian di Kabupaten Solok.

Sementara Ketua Askab Kabupaten Solok, Yulfadri Nurdin yang membuka langsung kegiatan mengaku Turnamen Minang Cup II menjadi ajang dalam membangkitkan kembali sepakbola Kab. Solok.
“Tanpa disadari, sepakbola Kabupaten Solok sudah cukup lama tertidur, dan sudah saatnya kita bangkitkan kembali,” sebut Yulfadri Nurdin didampingi ketua Pelaksana, Sofriwandi.
Disebutkan Yulfadri, Selain sebagai sarana menjaring bibit-bibit atlit muda, keikutsertaan Kabupatwn Solok ambil bagian dalam Minangkabau Cup 2019 juga menghindarkan kabupaten Solok dari berbagai sanksi yang mengancam.
Hal itu, menurut Yulfadri, antaran Kabupaten Solok sudah sering sekali absen dalam berbagai ajang dan event yang digelar tingkat Provinsi, terakhir, Bumi Markisah tidak ikut dalam Pekan Olahraga Provinsi di Kabupaten Padang Pariaman.
Disebutkan Yulfadri, bahwa dengan bergulirnya turnamen rutin, bisa mengarahkan generasi muda kab. Solok pada kegiatan yang sifatnya positif dan sehat, jauh dari narkoba dan perilaku menyimpang semacam LGBT dan narkoba (wandy) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda