Gagal ke Pila Dunia: Timnas Indonesia U16 Kalah Tipis 2-3 Dari Australia

0
133

KUALA LUMPUR, JN– Timnas U-16 Indonesia harus mengakui kekalahan dari timnas U-16 Australia dengan skor 2-3 pada babak perempat final Piala Asia U-16 atau Piala AFC U-16 yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018).

 

Atas hasil ini, Garuda Asia, julukan timnas U-16 Indonesia, gagal meraih tiket ke Piala Dunia U-17 2019 yang akan berlangsung di Peru. Seperti diketahui, negara yang bisa menembus tiket semifinal Piala Asia U-16 secara otomatis akan lolos ke Piala Dunia U-17.  Pada laga ini, Indonesia sebenarnya sempat unggul berkat gol dari Sutan Zico pada menit ke-17. Merangsek ke kotak penalti lawan, Zico melepaskan tendangan kaki kiri yang tak mampu dihalau kiper Australia, Adam Pavlesic. Adapun gol kedua Indonesia dicetak oleh Rendy Juliansyah pada menit ke-89. Baca juga: Babak Pertama, Timnas U-16 Indonesia Unggul 1-0 atas Australia Namun, Australia berhasil membalikkan keadaan lewat Daniel Walsh pada menit ke-51 via sundulan, Leombruno pada menit ke-69, dan Botic pada menit ke-74. Pada awal-awal babak pertama, Australia mendapat dua peluang emas. Pada menit pertama, pemain depan Australia, Duzel, melepaskan tendangan. Beruntung, arah bola masih mengenai tiang gawang Indonesia. Selanjutnya, pada menit ke-10, Duzel lagi-lagi mengancam gawang Indonesia. Namun, kali ini upayanya digagalkan oleh kiper Ernando. Dalam tekanan, Indonesia meraih peluang pertama pada menit ke-14. Sutan Zico melepaskan tendangan dari jarak jauh, tetapi masih ditepis oleh kiper lawan. Usaha Sutan Zico membuahkan hasil pada menit ke-17. Tendangan kaki kirinya di dalam kotak penalti tak mampu dihalau kiper Australia. Indonesia pun unggul 1-0.

 

Pasukan Fakhri Husaini kembali mendapat peluang pada menit ke-29 lewat tendangan bebas Yudha, tetapi masih menyamping. Pergerakan Supriadi di sisi kanan pertahanan lawan kerap menyulitkan Australia hingga dia dilanggar keras oleh Lambiris yang berbuah kartu kuning. Indonesia pun kembali mendapat peluang via Andre, tetapi tendangan dihalau oleh Adam Pavlesic. Setelah itu, hingga babak pertama berakhir, Indonesia masih unggul 1-0. Pada babak kedua, Australia mengambil inisiatif serangan. Beberapa kali tim asuhan Trevor Morgan itu mencoba untuk menekan barisan pertahanan Indonesia. Pada menit ke-51, usaha mereka pun berhasil menembus gawang Indonesia. Bermula dari tendangan bebas, Australia, yang memang unggul dari postur, menyamakan kedudukan via Daniel Walsh.  Sundulan Wals menembus gawang yang dijaga Ernando. Skor pun kembali sama kuat 1-1.

 

Timnas Australia kembali mengancam Indonesia. Beruntung, tendangan Botic pada menit ke-61 masih membentur tiang gawang Garuda Asia. Australia berbalik unggul pada menit ke-65. Tendangan kaki kiri Leombruno tak mampu ditepis oleh Ernando dan menembus gawang Indonesia. Garuda Asia kembali kebobolan pada menit ke-74. Tendangan kaki kiri Botic di dalam kotak penalti berhasil menembus gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 1-3 untuk keunggulan Australia. Pada menit ke-81, Indonesia mendapat peluang via Bagus Kahfi. Mendapat ruang di dalam kotak penalti, Bagus melepaskan tendangan, tetapi masih belum bisa menembus gawang Australia. Pada menit ke-89, Indonesia berhasil memperkecil kedudukan lewat Rendy Juliansyah. Menerima umpan dari kotak penalti, Rendy melepaskan tendangan yang tak mampu dihalau kiper Australia. Skor pun berubah 2-3 masih untuk keunggulan lawan. Mendapat momentum, Indonesia menekan Australia untuk menyamakan kedudukan. Bagus mendapat peluang, tetapi tendangannya masih melambung. Setelah itu, usaha pasukan Fakhri Husaini untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil. Laga pun berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Australia.

 

 

Berikut susunan pemain Indonesia versus Australia:

Timnas U-16 Indonesia (4-3-3): 21-Ernando Ari; 2-Amiruddin Bagas Kaffa, 4-Komang Teguh Trisnada, 5-Fadillah Nur Rahman, 3-Mochamad Yudha Ferbian; 6-David Maulana, 18-Brylian Aldama, 8-Andre Oktaviansyah; 9-Sutan Diego Armando Zico, 11-Muhamad Supriadi, 20Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri Pelatih: Fakhri Husaini

Australia: 12-Adam Pavlesic; 3-Daniel Walsh, 5-Jordan Bos, 15-Jordan Courtney Perkins, 16-Adam Leombruno, 23-Thomas Lambiris; 6-Ryan Teague, 8-Birikan Kirdar, 10-Luke Dezel; 9-Noah Botic, 21-Joseph Roddy


Penulis : Eris Eka Jaya
Editor : Eris Eka Jaya

Sumber: Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda