Akhirnya Semen Padang Raih Kemenangan Perdana di Shopee Liga 1

0
99

PADANG, JN- Kesebelasan kebanggan urang awak, Semen Padang FC, berhasil menundukan tamunya PSIS Semarang 1-0 pada lanjutan Shopee Liga 1 tahun 2019, pekan ke-14, Jumat (16/08) di Stadion H. Agus Salim Padang.
Kemenangan tersebut, seolah melepas kutukan tidak pernah menang selama putaran Liga 1 2019.

Meski menang, Semen Padang tetap tidak mampu bangkit dari dasar klasemen, karena baru mengumpulkan nilai 7 dari 4 kali seri, Satu kali menang dan Tujuh kali kalah.

Dengan materi pemain yang hampir sama, kedua tim bermain terbuka, baik Semen Padang maupun PSIS Semarang keduanya saling melakukan jual beli serangan sejak menit awal.

Semen Padang selaku tuan rumah sebenarnya mampu beberapa kali menekan pertahanan PSIS Semarang dengan melepaskan tendangan ke arah gawang PSIS.

Namun dengan penampilan apik penjaga gawang PSIS Semarang, Jandia Eka Putra, selalu bisa menggagalkan upaya Tim Kabau Sirah. Seperti lewat tandukan Agung Prasetyo di menit ke-12 dan tendangan keras Dedi Gusmawan, dua menit setelahnya. Jandia yang juga mantan penjaga gawang Semen Padang, sepertinya hapal betul kondisi gawang Semen Padang.

Pada menit ke 19, Irsyad Maulana juga mendapat sebuah peluang, namun tendangan Irsyad masih melambung tinggi dari mistar gawang Jandia Eka Putra.

Hingga memasuki menit ke-30, kedudukan masih tetap sama kuat 0-0. Namun Sial bagi Jandia, upayanya berjibaku di bawah mistar gawang harus dibayar mahal. Karena pada menit ke 34 babak pertama, Jandia harus ditarik keluar lapangan karena mengalami cidera.

Pelatih PSIS Semarang, Widyantoro , memasukan penjaga gawang dengan Nomor punggung 1, yakni Joko Ribowo.
Beberapa kali penjaga gawang Joko Ribowo, juga harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari ancaman Semen Padang.

Bahkan tim asuhan Welliansyah ini, terus memberikan tekanan. Kendati PSIS Semarang juga tidak tinggal diam dan juga beberapa kali, seperti yang dimiliki oleh Escobar yang mendapatkan peluang emas di menit ke-41, namun sayangnya tendangan Escobar menipis di kanan gawang Semen Padang yang dijaga oleh Rendy Oscario. Tiga menit kemudian giliran penyerang jangkung Semen Padang Karl Max, yang gagal menendangkan bola masuk gawang karena ditangkap oleh Joko Ribowo. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih bertahan imbang 0-0.

Tanpa adanya gol tercipta, skor imbang 0-0 pun masih menghiasi papan skor stadion H. Agus Salim.

Pada babak kedua, menit ke-55, penyerang PSIS Semarang, Artur Bonai. juga mendapatkan peluang emas, namun bola sepakan jarak jauh dari luar kotak penalti melambung tinggi di atas mistar gawang.

Selanjutnya peluang emas juga didapat Septian David Maulana pada menit ke-63, tinggal berhadapan dengan kiper, bola sepakan pemain timnas U-22 Indonesia justru melebar tipis di sisi gawang Semen Padang.

Semen Padang mendapat peluang pada menit ke-67, akan tetapi bola sundulan Karl Max masih belum menemui sasaran.

Pertandingan babak kedua ini, juga masih berjalan sama dengan babak oertama dengan tempo yang sedang-sedang saja, kedua tim juga kembali bergantian jual beli serangan.

Sebelum akhirnya ditarik keluar, penyerang asing Semen Padang Karl Max sebenarnya sempat membuka asa di menit ke-68. Namun upayanya juga masih mentah oleh penjaga gawang pengganti PSIS Semarang, Joko Ribowo.

Mendekati penghujung babak kedua, Semen Padang semakin terlihat ngotot dengan meningkatkan tempo permainan. Segala upaya yang dilakukan hampir saja tak membuahkan hasil hingga pertandingan usai. Namun di penghujung waktu normal, Irsyad Maulana muncul sebagai penyelamat.

Dari skema tendangan bebas, kapten Semen Padang itu berhasil menaklukan Joko Ribowo dengan tendangan kerasnya. Gol sematang wayang Irsyad tersebut, membuat 2000 orang penonton yang hadir bersorak gembira. Gol satu-satunya ini sekaligus menjadi pemecah telur untuk Semen Padang yang belum pernah menang pada Liga 1 baik di kandang maupun tandang.

PSIS sebenarnya punya peluang untuk menyamakan kedudukan setelah mendapat tendangan bebas beberapa menit sebelum pertandingan berakhir. Namun tendangan tersebut juga gagal dimanfaatkan oleh anak-anak Mahesa Jenar. Tambahan waktu tiga menit, dimanfaatkan pemain Kabau Sirah untuk mengulur-ulur waktu dengan melakukan penggantian pemain. Riski Novriansah ditark keluar dan digantikan Syaiful Anwar.

Semen Padang pun memecah kebuntuan, sekaligus meraih kemenangan perdana di Liga 1 2019 dengan menundukan tamunya PSIS Semarang.

Berkut Susunan Pemain kedua tim:

PSIS Semarang (3-5-2): Jandia Eka Putra; Rio Saputra, Wallace, Soni Setiawan; Bayu Nugroho, Patrick Mota, Septian David, Arthur Bonai, Fredyan Wahyu; Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto

Semen Padang (4-4-2): Rendy Oscario Sroyer: Dedi Gusmawan, Pulatov, Agung, Manda Cingi; Dedi Hartono, Leo Guntara, Rosad Setiawan, Irsyad Maulana; Karl Max Barthélémy, Riski Novriansyah.

Reporter Wandy
Editor : Ujang

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda