Sumbar Targetkan Masuk 10 Besar Pengelola Pelayanan Publik Terbaik

0
80

PADANG, JN- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menargetkan bisa menempati peringkat sepuluh besar pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik tingkat nasional 2019.
Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatra Barat Yeflin Luandri, ketika membuka Sosialisasi Penyediaan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah di lingkungan Pemprov Sumbar, di Aula Diskominfo, Selasa (21/5/2019) yang diikuti 50 peserta dar berbagai OPD dilingkungan Pemrov Sumbar
“Meskipun tahun 2018 Sumbar tidak mengikuti pemilihan 10 pengelola pelayanan publik terbaik, tahun ini kita menargetkan untuk menuntaskan pengaduan masyarakat yang masih belum ditindak lanjuti,” ujarnya.
Dikatakan bahwa target tersebut dipandang cukup realistis demi mewujudkan layanan publik yang mumpuni.
Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Indra Setiawan mengutarakan bahwa, pemerintah berkewajiban dalam menyediakan layanan publik yang berkualitas dan berkeadilan.
Menurut dia, untuk mengoptimalkan layanan tersebut dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. “Hadirkan partisipasi masyarakat sebagai bentuk pengawasan, sarana perlindungan bagi penyelenggara layanan publik serta membangun kesatuan pengelolaan agar efektif dan efisien,” jelas Indra.
Disamping itu lanjut dia, juga dibutuhkan ketersediaan sarana kritik yang konstruktif, aspiratif dan apresiatif.
Sementara itu, narasumber yang merupakan praktisi komunikasi sekaligus akademisi dari Universitas Andalas Padang Dalmenda dalam paparannya menjelaskan, bagaimana semestinya ASN mampu bertindak profesional dalam mengelola dan menyajikan informasi sesuai dengan kewenangan masing-masing.
“Sebagai corong informasi bagi masyarakat, ASN yang bertugas di bidang pengelolaan informasi dituntut mampu menjalin hubungan yang harmonis, baik dengan masyarakat maupun dengan kalangan media,” pungkas Dalmenda. (ISC/MMC Diskominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda