Nasional

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 69 Resmi Dibuka

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 69 pada hari ini. Program yang telah membantu jutaan warga Indonesia ini terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing di dunia kerja.

Kartu Prakerja adalah program semi-bantuan sosial yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini memberikan pelatihan keterampilan secara daring, serta insentif bagi peserta yang menyelesaikan pelatihan tersebut.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 69

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, prosesnya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Kunjungi Situs Resmi: Buka situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.
  2. Buat Akun: Klik tombol ‘Daftar’ dan isi data diri secara lengkap.
  3. Verifikasi Email: Setelah mengisi data, verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan.
  4. Isi Formulir Pendaftaran: Lengkapi formulir pendaftaran dengan data pribadi, pendidikan, dan pekerjaan.
  5. Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar: Setelah mengisi formulir, peserta akan diminta untuk mengikuti tes singkat untuk menilai motivasi dan kemampuan dasar.
  6. Tunggu Pengumuman: Setelah semua tahapan selesai, peserta hanya perlu menunggu pengumuman hasil seleksi.

Manfaat Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja memberikan sejumlah manfaat bagi pesertanya, antara lain:

  • Pelatihan Gratis: Peserta mendapatkan akses ke berbagai jenis pelatihan yang tersedia di platform digital mitra Kartu Prakerja, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Skill Academy.
  • Insentif: Peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.
  • Sertifikat Pelatihan: Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat menambah nilai di CV mereka.

Antusiasme Masyarakat

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Kartu Prakerja telah menarik minat besar dari masyarakat. Hingga gelombang 68, lebih dari 15 juta orang telah mendaftar dan lebih dari 9 juta orang telah menjadi penerima manfaat program ini.

Salah satu peserta, Rina (29), seorang pekerja yang terkena PHK akibat pandemi, mengungkapkan bahwa program ini sangat membantunya. “Setelah mengikuti beberapa pelatihan di Kartu Prakerja, saya merasa lebih siap untuk mencari pekerjaan baru. Saya juga mendapat banyak ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah saya pelajari,” ujarnya.

Kesiapan Pemerintah

Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan program ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan evaluasi dan peningkatan terhadap program Kartu Prakerja. “Kami ingin memastikan bahwa program ini benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. Oleh karena itu, setiap gelombang pendaftaran selalu kami evaluasi dan perbaiki,” ujarnya dalam konferensi pers.

Penutup

Dengan dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 69, pemerintah berharap semakin banyak masyarakat yang dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing mereka di dunia kerja. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pencari kerja dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

Bagi masyarakat yang memenuhi syarat, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat dari program Kartu Prakerja. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Kartu Prakerja atau hubungi layanan pelanggan di nomor 1500-630.

Exit mobile version