Pansus II DPRD Kabupaten Solok Study Banding Ketahanan Pangan ke Bayolali

0
522

Rombongan Pansus II DPRD Kabupaten Solok, berfoto bersama Ke Kantor Ketahanan

Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Juwaris dan staf, saat Pansus II mengunjungi Kabupaten itu, Jum’at lalu

Pansus II DPRD Kabupaten Solok Study Banding Ketahanan Pangan ke Bayolali

SOLOK, JN

Pansus II DPRD Kbupaten Solok, Sabtu tanggal 8 dan 9 Desember lalu, melakukan study banding masalah Ketahanan ke Purwakarta dan Kantor Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Rombongan Pansus II DPRD Kabupaten Solok, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen dan Yondri Samin beserta anggota Pansus II dan pendamping Agus Rostamda, anggota Pansus II, seperti Sutam Bahri, Mulyadi, Ahmad Purnama, Jon Pandu, Suhendri, M. Syukri, Surimaryadi dan lainnya. Sedangkan di Bayolali, Pansus II diterima oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Boyolali, Juwaris beserta Staff. Dijelaskan ketua rombongan, maksud kunjungan ke Bayolali adalah untuk saling tukar Informasiselingkup Ranperda Ketahanan Pangan dan Gizi. Menurut Juwaris, salah satu upaya untuk menjamin ketersediaangan Pangan di Kabupaten Boyolali adalah dengan pengelolaan Beras Miskin Daerah (Raskinda) dengan menunjuk pihak ke Tiga sebagai penyuplai. “Kami juga bekerjasama dengan dinas yang memiliki keterkaitan seperti Dinas Kesehatan, Perdagangan untuk pengaplikasiannya dilapangan maka diminta kepada Satpol PP untuk melakukan monitoring,” jelas Juwaris. Dia juga menyebutkan bahwa untuk melakukan upaya pencegahan terhadap penimbunan bahan pokok dalam kurun waktu tertentu, agar ketersediaan pangan dapat terjamin.

Pertanyaan Pansus II  DPRD Kabupaten Solok, di Surakarta juga hampir sama, yakni apakah Kota Surakarta sudah memiliki perda terhadap ketahanan pangan dan apa Program pemerintah Daerah dalam menjamin ketersediaan pangan di Kota Surakarta?

Adapun jawaban pemerintah Kabupaten Purwakarta adalah di Purwakarta belum adanya upaya signifikan untuk perlakuan khusus terhadap masalah ketahanan pangan dikarenakan wilayah pemerintahan yang kecil dan tidak adanya permasalahan urgent tentang pangan. Saat ini ketersediaan pangan dikota Surakarta cukup stabil, hampir tidak ada kelangkaan atas kebutuhan pokok pangan (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here