Liga Desa Nusantara Akan Bergulir di Kabupaten Solok

0
241

SOLOK, JN- Kabupaten Solok, termasuk salah Satu dari Lima Kabupaten di Sumatera Barat yang ditunjuk untuk menggelar turnamen sepakbola nasional Usia 18-19 berupa ‘Liga Desa Nusantara’ yang ditabuh oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

Menurut Koordinator Liga Desa Nusantara Wilayah Sumatera Barat, Renol Fadli atau yang lebih akrab dipanghil Pak Lek ini, nantinya juara-juara seri Kabupaten se-Sumbar akan bertarung berebut satu tiket di tingkat Provinsi, yakni sekitar tanggal 17 hingga 24 Agustus 2019. “Juara Liga Desa Nusantara asal Sumbar, otomatis akan mewakili Provinsi ini ke seri Nasional, di Purwokerto, Jawa Tengah tanggal 23-27 September,” sebut Renol Fadli, saat berdiskusi dan meninjau persiapan panitia Liga Desa Nusantara venu Kabuparen Solok, di kantor Walinagari Talang, Jum’at (5/7).

Renol juga menyebutkan bahwa di Sumatera Barat sendiri, turnamen Liga Desa Nusantara, akan bergulir di 5 tempat, yakni di Solok, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan. Pelaksanaannya dimulai bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Untuk Kabupaten Solok sendiri, Koordinator Liga Desa Nusantara Provinsi Sumbar, menunjuk Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, untuk menjadi tuan rumah “Kami bersama panitia Sumbar, sudah mensurvey beberapa lapangan Sepakbola Nagari bersama Sekretaris Askab PSSI Kabupaten Solok Bapak Wandy, seperti di Jorong Lambah Nagari Air Batumbuk, Lapangan di Nagari Batang Barus dan Talang. Dan di Talang inilah yang kami anggap lebih layak, ” sebut Renol.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa hajatan sepakbola antar desa dibawah Kementerian Desa Tertinggal ini, akan mengakomodir pemain-pemain muda kelahiran 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2001.

“Saya melihat Kompetisi semacam ini baik untuk menggali talenta-talenta sepakbola yang tersembunyi di Nagari-Nagari yang ada di Sumatera Barat. Apalagi dengan batasan usia dibawah 20 tahun, Liga Desa memberikan kesempatan yang sama untuk pemain-pemain muda yang selama ini mungkin tidak punya kesempatan tampil di ajang-ajang profesional,” terang Renol Fadli.

Sementara untuk pendaftaran, bisa langsung berkoordinasi dengan Wali Nagari-Wali Nagari yang tempatnya ditunjuk sebagai tuan rumah atau dengan panitia lokal.
Walinagari Talang, Marfes Boy Felly, mengaku bangga nagarinya ditunjuk sebagai salah satu venu pelaksanaan Liga Desa Nusantara ini.
“Yang pasti kami atas nama masyarakat Talang, menyampaikan terimakasih kepada panitia Sumbar yang sudah menunjuk Nagari Talang sebagai tuan rumah. Untuk itu kami mohon dibina dari panitia Sumbar kepada panitia Nagari, ” jelas Marfes Boy Felly, yang didampingi
Ketua Panitia Pelaksana Liga Desa Nusantara, Hendra Setia Gunawan dan Koordinator Kabupaten Solok, Wardesco Pono Batuah dan Ketua Pemuda Talang, Muhammad Fauzi.

Walinagari yang gila bola itu, juga menjelaskan Bahwa saat ini di Talang juga sedang berlangsung piala Walinagari Talang Cup IV.

Rencananya Liga Desa Nusantara venu Kabupaten Solok di Talang ini, akan bergulir tanggal 24 Juli hingga 4 Agustus mdan akan diikuti 16 Nagari. Sementara Nagari yang akan ikut, dipersilahkan kepada panitia lokal untuk menentukan dengan berkoordinasi bersama Askab setempat, termasuk jadwal pertandingan.
“Intinya kita siap mensukseskan Liga Desa Nusantara ini di Kabupaten Solok,” sebut Ketua Panitia Pelaksana Liga Desa Nusantara, Hendra Setia Gunawan alias Sigun.

Sesuai jadwal yang diberikan koordinator Liga Desa Nusantara di Sumbar, berikut adalah jadwal di Kabupaten di Sumbar yang akan menggelar Liga Desa Nusantara adalah:

Untuk Kabupaten Limapuluh Kota, akan mengawali Liga Desa Nusantara 2019 di lapangan sepakbola Nagari Kubang dengan jadwal 13 – 24 Juli. Kemudian Kab. Tanah Datar tuan rumah Nagari Belimbing Kec. Rambatan, 20 – 27 Juli 2019.

Untuk Kabupaten Pesisir Selatan, panpel telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PMS, Bapak Hamdi. Sepertinya di Nagari Koto Marapak Kec. Bayang, 24 – 31 Juli,” sambungnya.

Untuk di Kabupaten Tanah Datar dan Pessel jadwalnya tanggal 1 – 12 Juli 2019.
Untuk Kabupaten Solok di Nagari Talang, 24 Juli – 4 Agustus 2019. Ditutup oleh Kabupaten Padang Pariaman dengan venue-nya di Nagari Sungai Asam Kec. 2 x 11 Enam Lingkung, 30 Juli – 5 Agustus 2019,” tambah Palek, panggilan familiarnya.

Berikut Peraturan Khusus LDN 2019 :
1. Seluruh pertandingan dimainkan merujuk kepada Law of The Game yang dibuat FIFA
2. Semua peserta yang mendaftar wajib mendapatkan surat rekomendasi dari Wali Nagari
3. Pemain wajib satu Nagari dalam satu tim
4. Pemain hanya boleh bermain satu tim
5. Menggunakan sistim gugur
6. Tidak pernah bermain di Liga 1 atau Liga 2
7. Waktu pertandingan 2 x 30 menit, apabila seri pertandingan langsung adu penalti
8. Pemain berjumlah 18 orang dari seri Kabupaten sampai Nasional tidak boleh diganti
9. Pergantian permain setiap pertandingan maksimal 5 x
10. Semua pemain dan ofisial diberikan ID Card dan setiap pertandingan wajib dibawa. Kalau tidak ada ID Card maka pemain tidak bisa main dalam pertandingan itu
11. Pemain kelahiran 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2001
12. Persyaratan pemain :
a. Foto copy KTP /Suket dari Capil
b. Foto copy Kartu Keluarga
c. Foto copy akte kelahiran / ijazah
d. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit
e. Pas foto ukuran 3 x 4, 2 lembar.
Poin A – D wajib bawa yang asli sewaktu “screening” pemain
13. Biaya pendaftaran Rp.300.000,-/tim
14. Hukuman kartu kuning 2 x maka larangan bermain 1 x pertandingan. Sedangkan 2 kartu kuning dalam 1 pertandingan maka larangan bermain 1 x pertandingan. Serta kartu merah larangan bermain 1 x pertandingan. Sedangkan prilaku buruk maka ditentukan oleh tim Komisi Disiplin
15. Hukuman kartu kuning di denda Rp.50.000,- Kartu Merah Rp.100.000,-. Setiap pertandingan wajib deposit Rp.250.000,-. Dan apabila tidak ada denda, maka deposit dikembalikan.
16. Nomor punggung pemain dari tingkat Kabupaten – Nasional wajib sama. tidak boleh diganti.
17. Tim yang telah mendaftar dan mengundurkan diri maka tim dari Nagari tersebut tidak akan diikutsertakan pada dua edisi Liga Desa berikutnya.
18. Para ofisial wajib didaftarkan
19. Keputusan wasit mutlak
20. Kalau ada protes silahkan protes tertulis kepada pengawas pertandingan maksimal 1 jam setelah pertandingan oleh tim yang ditindak lanjuti dengan dilengkapi biaya protes Rp.2juta.
21. Setelah pertandingan terakhir atau babak final, protes-protes diabaikan.
22. Bagi tim atau suporter melakukan keributan yang tidak terkendali maka timnya didiskualifikasi serta tidak boleh mengikuti Liga Desa dua edisi berikutnya.
23. Tim yang juara 1 berhak mewakili ke tingkat Provinsi Sumbar
24. Hadiah tingkat Kabupaten :
– Juara 1 Rp.2juta + Piala
– Juara 2 Rp.1juta + Piala
25. Hadiah tingkat Provinsi
– Juara 1 Rp.5juta + Piala
– Juara 2 Rp.3juta + Piala
26. Hadiah tingkat Nasional Total Rp.200juta
27. Tim yang juara tingkat Provinsi, berhak lolos ke tingkat Nasional yang mana Biaya Transportasi dan Akomodasi ditanggung sama Panitia Liga Desa Nusantara tingkat Pusat
28. Peraturan Umum sesuai dengan peraturan PSSI atau FIFA
29. Jadwal seri Provinsi, 17 – 24 Agustus 2019
30. Jadwal seri Nasional, 23 – 27 September 2019 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah atau Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda