Kunjungi Kab. Solok: Menteri PPA Tekankan Hindari Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan

0
568

SOLOK, JN- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Solok pada Rabu (19/4), menekankan agar anak dan wanita perlu dilindungi dan hindari dari kekekrasan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI ini,  melakukan kunjungan kerja ke Ranah Minang, dalam rangka Kampanye Bersama Lindungi Anak (Berlian) di Kabupaten Solok. Tujuan dari kampanye ini jelas untuk  menekan angka kekerasan terhadap anak dan terhadap perempuan. “Kita berharap semua pihak bisa melindungi anak dan menghargai perempuan. Janganlah melakukan tindakan kekerasan kepada anak dan perempuan, karena mereka aset bangsa,” jelas Yohana Yembise, yang merupakan satu-satunya Menteri Wanita dari Wilyah Timur Indonesia di era Kabinet Presiden Jokowidodo.
Dijelaskan Yohana, Kampanye Berlian merupakan program pemerintah untuk melindungi anak dan sudah diluncurkan sejak 2015 berupa diskusi musikal agar lebih memudahkan penyampaian pesan sehingga mudah diterima masyarakat. “Pemerintah pusat dan daerah sudah sepakat untuk melindungi anak dan perempuan dan pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Solok dapat membantu menekan angka kekerasan pada anak dan perempuan untuk mendukung target Indonesia ramah anak dan ramah perempuan.

Bupati Solok, H. Gusmal juga menyebutkan bahwa Pemkab Solok sudah berupaya menekan angka kekekrasan terhadap anak dan perempuan dengan melakukan sosialisasi melalui kunjungan-kunjungan ke masyarakat nagari. Bupati juga menyebutkan bahwa pada tahun 2016 silam juga terjadi kasus kekerasan terhadap anak berupa LGBT dan pelakunya juga sudah diproses karena merupakan juga korban LGBT. Kasus lelerasan terhadap anak di Sumbar, selama 2016 lalu saja tercatat lebih dari 150 kasus kekerasan dan hampir 400 kasus pelecehan seksual terjadi pada anak.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Solok, Menteri PPA juga mengunjungi SMP 2 Gunung Talang dan Kantor Bupati Solok serta sore harinya dijamu makan siang oleh Bupati Gusmal. Tampak hadir pada saat mendampingi menteri PPA adalah Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana, Sekda Kabupaten Solok, Azwirman, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, para Kepala OPD di Kabupaten Solok dan lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here