NasionalSolok Raya

Kembangkan Sektor UMKM, Bupati Epyardi ASDA Tandatangani MoU dengan SMESCO

×

Kembangkan Sektor UMKM, Bupati Epyardi ASDA Tandatangani MoU dengan SMESCO

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, JN-

 Sektor UMKM merupakan salah satu sektor yang masuk dalam program unggulan Bupati Solok tahun 2021-2024, seperti yang tertuang ke dalam visi Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat. 


Dengan misi meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian, UMKM, perdagangan dan pariwisata. Untuk meningkatkan sektor UMKM tersebut.
  Senin Tanggal 27 Desember 2021 bertempat di Gedung SME Jakarta Selatan Bupati Solok H. Epyardi Asda M. Mar atas nama Pemerintah Kabupaten Solok menandatangani MoU dengan SMESCO dimana dari pihak SMESCO ditandangani langsung oleh Direktur Utama Leonardo Theosabrata.


 Penandatanganan MoU ini merupakan tindaklanjut dari pengajuan proporsal peningkatan kapasitas manajemen usaha untuk meningkatkan UMKM kepada pihak Smesco melalui fasilitas Center of Excelence yang dimiliki oleh Smesco diantaranya; Smesco Labo untuk meningkatkan kualitas produksi dan product knowledge, Siren.ID yang merupakan akses perluasan pemasaran produk UMKM, Smesco Fulfillment Center, yang merupakan solusi jaringan logistik terintegrasi dengan tarif flat, BNI XPORA trading house UMKM yang merupakan pusat layanan ekspor, serta program pemasaran lainnya yang akan dikolaborasikan antara Smesco dan Pemerintah Kabupaten Solok. 


Lebih lanjut pokok yang menjadi ruang lingkup dari Nota Kesepakatan ini adalah:

1. Pengembangan, peningkatan promosi dan pemberdayaan, serta sosialisasi kepada pelaku UMKM, termasuk pertukaran data dan informasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital, guna mempersiapkan Program Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Solok Bangkit.

Baca Juga :
Bupati Epyardi Asda Hadiri Wisuda 372 Santri MDTA Se-Kecamatan Lembah Gumanti

2.  Sinergi dalam pemasaran online maupun offline, serta pendampingan dan inkubasi untuk pengembangan dan peningkatan kapabilitas bagi pelaku UMKM di Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat.

3. Pemberian layanan informasi pasar, sarana pemasaran promosi produk, distribusi produk UMKM, teknik pemasaran produk, serta inkubasi pemasaran yang tepat sasaran.

Pada kesempatan itu, Bupati Solok H. Epayardi Asda, M. Mar dalam sambutan menyampaikan terima kasih Kepada Bapak Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,  Bapak Leonard Theosabrata (Dirut LLP KUKM), Bapak Wientor Rah Mada (Dir.Bisnis&Pemasaran), Dewi Nawang Wulan (Dir.Keuangan&Umum) yang sudah berkenan memberikan program sinergitas kepada Kabupaten Solok. Lebih lanjut Bupati Solok menyampaikan bahwa Nota Kesepakatan ini dimaksudkan sebagai upaya bersama untuk mendorong, memajukan dan memberikan kontribusi bagi pembentukan hubungan kemitraan yang saling menguntungkan, berdasarkan asas saling membantu dan saling mendukung, sesuai dengan kewenangan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.

“Selain itu juga bertujuan untuk mensinergikan sumber daya, program dan kegiatan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kapabilitas koperasi dan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Solok guna mendukung pemulihan ekonomi,” papar Epyardi Asda.

Baca Juga :
Peringati Hari ibu,  Ny. Emiko Epyardi Asda, Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Puskesmas Singkarak 


MoU ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Antara Direktur Bisnis Dan Pemasaran Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia, dengan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat, Tentang Pelaksanaan Program Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Solok Bangkit Tahun 2022.

Sebagai wujud konkrit dari MoU ini, Sebanyak 200 UMKM makanan dan kerajinan akan diberikan pelatihan peningkatan kapasitas manajemen usaha mulai dari manajemen produksi sampai manajemen pemasaran termasuk pemasaran online oleh SMESCO, dan produknya akan didisplay di SMESCO Indonesia.

Sebagai gambaran Pemerintah Kabupaten Solok sangat mendukung pengembangan UMKM dengan dilaksanakannya Kabupaten Solok Fashion Festival  yang mengangkat Produk 3 UMKM yakni Batik Tulis Salingka Tabek di Nagari/Desa Koto Baru, Batik Rumah Gadang di Nagari/Desa Panyakalan, dan Tenun Padi Sarumpun di Nagari/Desa Sungai Jambur.


Turut mendampingi Bupati, Kepala Bagian Kerjasama Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Drs. Aliber Mulyadi, Sekretaris DKUKMPP/Sekretaris Dekranasda Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Sekretaris Dinas Kominfo/Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranasda Safriwal, S.Si. M.CIO, dan Kepala Seksi Pembinaan Industri dan Pangan DKUKMPP/anggota Dekranasda Yenti Nova, SE, MM (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.