Kekurangan Tenaga Hakim, MA Rencanakan Rekrut 11500 CPNS

0
383

PADANG, JN- Makamah Agung (MA) berencana akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 ini. Hal disebabkan berkurangnya tenaga hakim, di lembaga peradilan. ” Saat ini masih  menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) untuk rekrutmen CPNSbaik untuk hakim, dan calon hakim (cakim),” kata Sekretariat MA,  Achmad Setyo  Pudjoharsoyo, saat berkunjung ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang, Jumat (11/5).

Lebih lanjut ia menambahkan , saat ini tenaga hakim diseluruh Indonesia kurang. ”  Saya berharap supaya ini  dapat dipenuhi,” tambahannya. Ia juga menyebutkan sekitar sebelas ribu lima ratus non hakim dapat diterima di seluruh Indonesia.

Sementara itu ketua Pengadilan Negeri Kelas I A Padang, mengakui kekurangan hakim. “  Untuk sumber daya hakim di Pengadilan Negeri saat ini ada 15 orang, karena ada yang sakit dan mau pindah, ya yang optimal hanya 12 orang,”ujar Ketua Pengadilan Negeri Padang, Bambang Herry Mulyono.

Selain itu ia juga menjelaskan, untuk tenga  non-hakim sendiri juga mengalami hal yang serupa, ada yang pensiun dan mutasi ke lain pengadilan namun yang masuk lebih sedikit.  “Kami sampaikan kepada Sekretaris MA bahwa membutuhkan tenaga kontrak yang bertugas bukan dalam bidang teknis. Semoga kebutuhan ini dapat segera terpenuhi,” jelasnya (mep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here