Kabupaten Solok Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

0
894

SOLOK, JN–Pemerintah Kabupaten Solok di bawah kepemimpinan Bupati H. Gusmal dan Wabup Yulfadri Nurdin, kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat, berupa Anugerah Swasti Saba Wiwerda sebagai Kabupten Sehat dari Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Kesehatan RI. Acara penyerahan penghargaan dilangsungkan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendgri RI di Jakarta, Selasa (28/11).

Swasti Saba atau Kabupaten Sehat, Bukan Sekedar Piala. Swasti Saba atau Kabupaten Sehat merupakan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat (terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara). Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.3
Acara penghargaan diterima langsung oleh Bupati Solok dan diserahkan oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek SpM (K) dan disaksikan oleh Dirjen Kesmas, dr. Anung Sugihartono, Plt. Dirjen Bangda Kemendagri, Ir. Diah Indradjati dan pejabat lainnya. Sementara Bupati Solok didampingi oleh pejabat dari bumi penghasil bareh tanamo itu seperti Ketua TP-PKK Persatuan Kabupaten Solok, Ny. Hajjah Desnadevi Gusmal, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, dr. Hj. Sri Efianti, Kepala BKD Kab. Solok, M. Djoni, Kepala PU Perumaham, Deni Prihatni dan Ketua Forum Kota Sehat, H. Syafrizal Ben.

Ketua panitia pelaksana, Ir. Diah Indrajati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Anugrah Swasti Saba diberikan kepada 122 Kabupaten Kota dan 3 Provinsi sebagai tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Terbaik yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penyerahan Swasti Saba diadakan setiap dua tahun sekali dan merupakan kerjasama antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat.
Sementara Dirjen Bina Pembangunan Daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para kepala daerah yang hadir dan berkomitmen penuh mendukung penyelenggaraan program Kabupaten Kota Sehat, semoga melalui penghargaan ini dapat menginspirasi kepala daerah lainnya. Dalam penghargaan ini terdapat tiga kategori yaitu suatu SWASTI SABA PADAPA (pemantapan), SWASTI SABA WIWERDA (pembinaan) dan SWASTI SABA Wistara (pengembangan)

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek SpM (K), dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam rangka memajukan pembangunan di indonesia khususnya pembangunan kesejahteraan kesehatan, diharapkan sekali wawasan kesehatan dan lingkungan tempat tinggal di Kabupaten Kota sama sama kita tingkatkan. “Penyerahan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program Kabupaten Kota Sehat, semua itu karena masyarakat telah berperan secara aktif baik sebagai subjek maupun obyek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan,” jelas Menkes Nila F. Moluk. Menkes mengharap penguatan koordinasi dapat terus ditingkatkan, disertai dengan pemberdayaan masyarakat serta kesehatan, kalau masalah investasi kita di masa yang akan datang adalah kewajiban kita bersama menjadikan negara yang lebih berkualitas sebagai modal pembangunan.
Menkes juga menekankan penghargaan ini bukan merupakan tujuan utama, poin penting dari KKS yaitu koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan dan masyarakat, yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal usai menerima penghargaan tersebut, mengaku bangga dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Solok yang sudah menerapkan pola hidup sehat. “Penghargaan ini merupakan hadiah untuk masyarakat Kabupaten Solok semoga kedepannya makin baik,” jelas Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here