Jalan Negara di Pinggir Danau Singkarak Macet Total Akibab Longsor

0
1715

SOLOK, JN-  Arus lalu lintas di sepanjang jalan negara Solok menuju Padang Panjang dan Bukittinggi di sepanjang pinggir Danau Singkarak dan sebaliknya, mengalami gangguang selama hampir 6 jam, disebabkan terjadinya tanah longsor di KM 27 Tonggak Tujuah, Nagari Nagari Kacang Kecamatan  X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Jum’at (20/4).

 

Selain di Tonggak 7, titik longsor juga terjadi di jalan Kabupaten Lingkar Nagari Kacang-Napa tepatnya di Jorong Tembok Nagari Kacang. Longsor tersebut mengakibabkan jalan negara tertimbun longsor sepanjang 20 meter. Kejadian longsor itu diperkirakan terjadi sekira pukul 05.10 Wib.

“Saya mendengar ada lentunan batu sekira jam 5 lebih seusai saya melaksanakan shalat shubuh dan melihat jalanan di depan rumah saya mulai macet,” ujar Pak Rizal (65), warga Kacang yang rumahnya berjarak 50 meter dari TKP.

Akibab longsor itu, jalan negara macet total pada kedua arah, karena longsor menutupi badan jalan cukup tinggi akibatnya akses jalan menjadi licin dan berlumpur, serta tumpukan tanah bercampur batu menggunung.  Longsor bukit yang berada di sisi kanan jalan atau dari arah Bukittinggi berada di sebelah kiri jalan. Hanya sebahgian kecil jalan yang tidak tertutup dan apabila pengendara roda 2 ingin melintas, namun pengendara harus berhati-hati.

Sementara akses jalan Kabupaten Lingkar Nagari Kacang, kondisinya  masih tertutupi tanah longsor dan belum bisa dilalui kendaraan. Longsor disebabkan karena sejak sore hari pada hari Kamis (19/4) hingga Jum’at pagi. Longsor terjadi akibat hujan lebat dan mengakibabkan beberapa titik lokasi Singkarak terjadi longsor,  bahkan lintasan rel kereta api juga tertutup longsor.

 

Sekitar  pukul 07.00 Wib pada Jum’at, tim gabungan yang terdiri dari personil dari Polsek X Koto Singkarak, Koramil 06/Singkarak, BPBD Kabupaten Solok, Sat Sabhara Polres Solok Kota dan dibantu 1 unit Kendaraan AWC Polres Solok Kota, 1 unit kendaraan Pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Solok serta bantuan wargasekitar dengan cara manual dengan berupaya pembersihan pada area badan jalan dari tumpukan tanah, batuan dan batang kayu, kemudian disiram dengan kendaraan AWC dan kendaraan pemadam kebakaran.

 

 

Baru sekitar pukul 12.00 Wib, akses lalu lintas kendaraan menuju Bukittinggi atau Padang Panjang maupun arah Solok kembali normal. Tamapk petugas kepolisian yang dipimpin langsung oleh KBO Lantas Poresta Solok, Iptu Mardianto. “Longsor disebabkan cuaca yang buruk dan hujan sejak Kamis sore hingga Jum’at pagi.” Jelas Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril. Dia menyebut akibab longsor itu, tidak ada korban jiwa dan kerugian sementara belum bisa ditaksir

 

Sementara selain di pinggir Danau Singkarak, titik longsor juga terjadi di Jalan Kabupaten dari Dermaga Singkarak menuju Nagari Tanjung Alai, tepatnya di KM.6  Tanjung Alai. Akibabnya, longsor juga mengakibabkan akses jalan kedua arah dari Singkarak ke Tanjung Alai atau sebalinya lumpuh total dan baru Jum’at sore bisa diintasi kendaraan setelah petugas gabungan diturunkan ke TKP (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here