Gigih Kembangkan Niat Baca, Bupati Solok Terima Penghargaan Nugra Jasadarma

0
510

SOLOK, JN–Karena dinilai giat mendorong masyarakatnya untuk gemar membaca, akhirnya Bupati Solok menerima pengharga Nugra Jasadarma Pustaloka, yang diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando di Jakarta, belum lama ini.
Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan bahwa penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka yang diberikan kepada Bupati olok, karena pemimpin tersebut dinilai sukses dan gigih mendorong masyarakatnya untuk gemar membaca. Penghargaan yang sama, juga diberikan kepada kepala daerah yang dianggap berhasil memfasilitasi dan mendorong budaya membaca dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana, seperti perpustakaan. “Kalau kita gemar membaca, niscaya kita akan pintar dan kita harus mendorong bagaimana pentingnya membaca untuk masyarakat bangsa Indonesia, apalagi di zaman serba modern seperti sekarang ini, kalau tidak kita akan tertiggal oleh negara lain,” jelas Muhammad Syarif Bando. Dijelaskan Muhammad Syarif Bando minat baca di Indonesia sebenarnya tidaklah rendah, banyak masyarakat yang ingin membaca, tetapi penyebaran buku bacaan belumlah merata. “Sangat banyak sekali saudara kita yang di pedalaman yang tidak terjangkau mendapatkan buku, padaha minat baca mereka pasti tinggi,” jelasnya. Selain untuk kepala daerah, penghargaan serupa juga diberikan kepada beberapa elemen masyarakat seperti instansi, maupun unsur swasta.
Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya usai menerima penghargaan, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok yang dengan kerja samanya sudah bisa membangun minat baca di daerah tersebut terutama dikalangan pelajar. “Saya berharap kedepannya, unsur walinagari, sekolah dan kelompok masyarakat makin berperan aktif membangun perpustakaan di nagari dan daerah kita masing-masing agar kita bisa pintar,” jelas Gusmal.
Gusmal sangat ingin pada setiap nagari ada perpustakaan dan menyediakan buku-buku seperti pertanian, home industri dan lainnya untuk menambah wawasan masyarakat sehingga mengetahui kemajuan technology serta menambah ilmu pengetahuan (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here