Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Studi Banding SUBP ke Kabupaten Solok

0
95
SOLOK,  JN- Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggerang,  Provinsi Banten,  hari Jum’at (12/10), melakukan study banding tentang pelaksanaan Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) di Kabupaten Solok.
Kedadatangan ombongan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggerang tersebut,  dipimpin langsung oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggerang,
Drs. H. Hadisa Masyhur, M.Si, beserta Sekretarisnya Dinas Pendidikan Tanggerang takni, Dra. Hj. Tini Wartini, M.Si dan para Kabid dan Kasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggerang.
Sementara di Kabupaten Sosok,  tamu dari Tanggerang tersebut diterima di Guest House atau rumah Kediaman Bupati Solok, oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok H. Zulkisar, S.Pd, MM dan didampingi para Kabid dan Kasi serta Kabag Kesra Asep Ajidin, S.Pd.I, MH dan para Kasubag di Bagian Kesra Setda Kabupaten Solok.
Menurut Kadis Pendidikan Kabupaten Tanggerang,  Hadisa Masyhur, dipilihnya Kabupaten Solok untuk tujuan study banding disebabkan karena Kabupaten Solok dinilai sukses dalam pelaksanaan penerapan Sekolah Umum Berbasis Pesantren di Sumbar.
“Kami nendapat cerita banyak dari media bahwa Kabupaten Solok berhasil menerapkan sekolah umum berbasus agama atau pesantren,  maka kami sangat ingin menerapkannya di Tanggerang, ” jelas Hadisa Mansyhur.
Selain itu,  kunjungan ini juga dimaksudkan untuk studi banding tentang penyelenggaraan Sekolah Umum Berbasis Keagamaan lainnya di Kabupaten Solok.
Sedangkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggerang,  Tini Wartini menambahkan, hasil kunjungan di Kabupaten Solok ini nantinta akan dijadikan bahan kajian dalam penganggaran penyelenggaraan program serupa di Kabupaten Tangerang.
Bupati Solok yang Diwakili Kadispora Kabupaten Solok,  Zulkisar menyambut baik kunjungan dimaksud dan dimasa yang akan datang juga akan melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Tangerang. “Terimakasih kami sampaikan kepada rombongan dari Tanggerang yang sudah memilih Kabupaten Solok sebagai daerah perbandingan sekaligus sharing informasi untuk kedua daerah,  semoga ada manfaatnya, ” jelas Zulkisar.
Sementara Kabid Pembinaan SMP Kabupatwn Solok,  H. Sakar Suaib, S.Pd menjelaskan tentang pelaksanaan SUBP di 17 SMP dan 85 SD di Kabupaten Solok. Menurut Sakar, yang juga sebagai pelopor sekolah SUBP, bahwa pihaknta telah ikut mencetuskan bahwa SUBP telah memberikan dampak positif dalam pembinaan akidah, ibadah dan akhlak bagi siswa. Namun saat ini belum semya SMP di Kabupaten Solok yang didanai dengan APBD.
Bagi SD dan SMP yang belum didanai APBD Kabupaten Solok, maka diselenggarakan dengan mandiri dan didanai oleh Komite Sekolah dan para perantau.
Sementara Kabag Kesra Pemkab Solok,   Asep Ajidin juga menambahkan bahwa ke depannya bisa dijajaki kerjasama dalam berbagai hal antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tangerang dalam bentuk Kota Kembar (wandy) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda