Datang Membawa Bantuan: Komisi VIII DPR RI Lakukan Kunker ke Kabupaten Solok

SOLOK, JN- Komisi VIII DPR RI, hari Jum’at (18/3), melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Solok.

Rombongan dari Komisi VIII DPR RI tersebut disambut oleh Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M. Mar dan jajaran di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok di Arosuka.
Tampak hadir pada junjungan tersebut Ketua Komisi VIII DPR RI, H. Yandri Susanto, S.Pt, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Pepen Nazaruddin, Dirjen Pendidikan dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI yang diwakili oleh Dr. H. Mahrus, M. Ag, Kepala Biro SDM & Umum BNPB, Eni Supartini, Anggota Komisi VIII DPR RI, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Indra Dt. Rajo Lelo, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Helmi, M.Ag,  Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur,  Rektor UIN, Prof. Dr. Martin Kustati, Kepala Perangkat Daerah di Sumatera Barat, Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah, A. Md, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sekda Kabupaten Solok, Medison, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Para Asisten Bupati Solok dan Kepala OPD Kabupaten Solok.

Pada kesempatan itu, Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sultan Majo Lelo, M.Mar, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komisi VIII dan rombongan di Kabupaten bumi penghasil Bareh Tanamo tersebut
“Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi saya dan kita di Kabupaten Solok bahwa pada hari ini telah dikunjungi oleh ketua Komisi VIII DPR RI dan rombongan,” sebut  H. Epyardi Asda.
Disebutkan Bupati, Kabupaten Solok ini merupakan daerah yang unik dimana memiliki tiga iklim wilayah yang berbeda yaitu panas, dingin dan sedang serta dikelilingi oleh hamparan Bukit Barisan.
“Kabupaten Solok juga merupakan salah satu daerah yang rawan terkena bencana alam. Oleh karena itu, dengan adanya kunjungan dari Bapak Ibu anggota DPR RI dan Kepala Biro BNPB,  diharapkan dapat memberikan perhatian lebih kepada daerah di Kabupaten Solok ini,” sebut H. Epyardi Asda.

Baca Juga :
Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Solok Siap Mensukseskan Pemilukada 2020

Bupati  H. Epyardi Asda juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Solok ini juga memiliki keunggulan dalam hal pariwisata dimana kita disini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan bukit barisan dan pemandangan dari lima buah danau. Diantara Danau tersebut yakni Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang dan Danau Tuo.
“Mudah-mudahan kedepannya terjadi sinergitas terbaik antara kita di kabupaten Solok dengan Bapak/Ibu yang ada di DPR RI,” harap  H. Epyardi Asda.


Semebtara Ketua Komusi VIII DPR RI,H. Yandri Susanto, dalam sambutannya juga merasa senang dan bangga bisa hadir di Kabupaten Solok dengan Alam yang begitu indah dan masyarakatnya yang begitu ramah.
“Kedatangan kami kesini dengan pertemuan ini diharapkan dapat terjalin kerjasama antara DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Solok untuk kedepannya,” ucap H. Yandri Susanto.
Disebutkannta, kedatangan Komisi VIII ke Kabupaten Solok juga bertujuan untuk menyaksikan langsung situasi dan kondisi yang ada di kabupaten Solok ini.
“Dalam hal bencana alam, Indonesia sudah seperti pusatnya bencana, karena negara kita yang merupakan negara kepulauan, susana alamnya yang memiliki banyak lempengan dan ada banyak gunung Merapi yang masih aktif,” sebut H. Yandri Susanto.

Rombongan dari Komisi VIII DPR RI, saat disambut oleh Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M. Mar dan jajaran di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok di Arosuka.

Pihaknya berharap, dDlengan adanya koordinasi antara Kemensos, BNPB dan Kementerian Agama semoga dapat mensejahterakan rakyat kita.
Nenurut H. Yandri Susanto, untuk setiap daerah yang kami kunjungi akan dijadikan daerah prioritas, tentu ini akan menjadikan contoh dan cara kita untuk menskor persoalan kekinian yang ada di daerah.

Baca Juga :
Menteri PUPR ke Sumbar, Pastikan Rencana Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik Dimulai 2023

Acara pertemyan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemerintah kabupaten Solok dengan anggota DPR RI Komisi VIII.
Pada sesi tanya jawab para kepala OPD kabupaten Solok menyampaikan permintaan dan menyerahkan proposal terkait bantuan kepada masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Solok


Diakhir acara, Bupati Solok bertukar Cenderamata dengan Anggota DPR RI Komisi VIII, Bupati Solok turut menghadiahkan Beras Solok yang merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Solok ke Anggota DPR RI Komisi VIII.
Selanjutnya Bupati Solok bersama anggota DPR RI Komisi VIII lakukan serah terima bantuan sosial untuk masyarakat Kabupaten Solok, diantara bantuannya yaitu Bantuan Sosial Sembako untuk 24. 279 Keluarga penerima manfaat di kabupaten Solok senilai Rp. 14.567.400.000,00Berikutnya Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan untuk 16.780 KPM Kabupaten Solok senilai Rp. 13.514.675.000,00.
Penyerahan Bantuan DPR RI dan Kementerian Sosial RI dalam rangka penanganan bencana alam di Kabupaten Solok Senilai Rp. 386.971.985,00.
Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial dadi Sentra Terpadu Inten Soeweno Bogor Senilai Rp. 291.317.000,00.Berikutnya bantuan DPR RI dan Kementerian Sosial RI dalam rangka Penanganan Bencana Berupa Beras Reguler Sebanyak 15.000 Kg senilai Rp. 158.145.000,00.


Bantuan Kepada masyarakat kabupaten solok yang mengalami disabilitas dan Bantuan BNPB 10.000 Masker, 500 Kaos 3M, dan 500 Sabun Nuvo (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.