Bupati Gusmal Hadiri Pelantikan Pengurus IKPM Muaro Paneh Daerah Provinsi Bali

0
377

DENPASAR, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Minggu (26/1), menghadiri pelantikan pengurus
Ikatan Keluarga Perantau Minang (IKPM), ” Nagari Muaro Paneh, DPW Provinsi Bali priode 2019-2024, bertempat di Gedung Serbaguna, Denpasar, Provinsi Bali.

Selain Bupati Gusmal, tampak hadir pada acara tersebut, Danpomdam IX Udayana, Kol. Tugino, SH, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Renaldo,
Kepala Barenlitbang, Erizal, SE.MM, Kepala Kesbangpol, Junnaidi, S.Sos, Kabag KSD, Devi Pribadi, S.Sos, Kabag Humas, Syofiar Syam, S.Sos. M.Si, Kabag Umum, Syefdinon, SE. MM, Ketua DPP IKPM, Rifo Darma Saputra, Ketua IKPM DPW Bali, Firdaus Mansur,
Ketua DPW IKPM se-Indonesia, Ketua IKMS Daerah Bali serta seluruh Undangan yang tidak di sebutkan satu persatu.

Ketua panitia pelaksana acara, Devi Hendri, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah ikut bekerja sama sehingga terlaksana acara pelantikan IKPM nagari Muaro Paneh ini dan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi terhadap seluruh undangan yang telah berkenan hadir dari berbagai unsur dan kalangan.
“Acara ini bersifat swadaya dan tidak ada minta bantuan biaya dari pihak manapun, semoga dengan kebersamaan ini organisasi kita tetap eksis dan semakin maju hendaknya,” sebut Devi Hendri.

Sementara Ketua IKPM terpilih, Firdaus Mansur, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Solok dan rombongan yang telah hadir pada acara pengukuhan IKPM ini.
disebutkan Firdaus Mansur, saat ini IKPM telah berusia 26 tahun dan sudah 4 periode kepengurusan berjalan.

“Di usia yang begini muda, kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi warga kita, dimana selain berkiprah di IKPM kita juga bersinergi dengan IKMS sebagai induk organisasi perantau kita,” sebut Firdaus Mansur.

IKPM juga rutin menggelar prtemuan rutin setiap bulan untuk mempererat tali silaturahmi dan membuat program kerja yang akan di laksanakan. “Kami punya group perdana sebagaimana telah di tampilkan tadi sebagai bentuk untuk melestarikan adat dan budaya khususnya di daerah rantau ini,” terang Firdaus Mansyur. Pihaknya juga mengharapkan bantuan dan support dari Bupati Solok dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan serta melestarikan adat dan budaya khususnya bagi organisasi kita ini.

Ketua IKPM pusat, Rifo Darma Daputra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa status legalitas atau proses perizinan organisasi DPP IKPM akan selesai dalam waktu dekat dan diharapkan kedepannya organisasi ini berjalan dengan baik dan lancar dalam menjalankan program dan kegiatannya.

“IKPM Bali selalu menjadi organisasi andalan bagi IKPM Pusat khususnya dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti pulang basamo, penggalangan dana dan kegiatan sosial lainnya,” terang Rifo Darma Daputra.
Kepada ketua IKPM yang baru di lantik, agar dapat memberikan pelayanan dan pengayoman terbaik bagi warga kita di daerah ini.

Sedangkan Danpomdan Udayana IX, Kol. Tugino, SH, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya di undang sebagai teman oleh ketua DPP IKPM.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat hadir pada kegiatan kali ini dan saya mengucapkan selamat kepada pengurus terpilih. Semoga amanah dalam melaksanakan tugas-tugas yang bersifat sosial ini,” sebut Kol. Tugino, SH. Pihaknya juga mengajak secara bersama menciptakan situasi Bali yang aman dan kondusif.
Ketua BPN nagari Muara Paneh, Yusrizal, dalam sambutan menyampaikan bahwa pihaknya tidak merasa berada di Bali akan tetapi merasa berada di nagari Muaro Paneh karena sepanjang kegiatan tadi penuh dengan nuansa Nagari.
“Sebagai informasi bagi warga perantauan Nagari Muaro Paneh, sudah di laksanakan berbagai kegiatan pembangunan, baik itu dalam bentuk jalan, irigasi, pembangunan Sekolah dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaannya Nagari Muaro Paneh juga bersinergi dengan anggota dewan kita yang banyak membantu pembangunan di Muaro paneh,” sebut Yusrizal.

Pihaknya juga mendo’akan warga Minang di Bali dan warga perantau dimana saja berada, semoga selalu ada dalam kondisi sehat2 saja, kemudian pandai-pandailah di Nagari orang serta selalu sukses hendaknya.

Ketua Ikatan Minang Saiyo (IKMS) Provinsi Bali, dalam sambutannya menyebutkan bahwa organisasi yang berada di bawah IKMS ini adalah sekitar 10 buah organisasi kenagarian dan IKMS telah berumur lebih kurang 56 tahun. Organisasi ini juga punya Falsafah yang kita junjung sebagai warga yakni dimana bumi di pijak disitu langit dijunjuang, itulah yang mempersatukan kita sebagai warga Minang yang ada di parantauan.

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya mengucapan selamat kepada segenap Pengurus DPW IKPM Bali yang baru saja selesai di lantik dengan harapan dapat bekerja dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Pikirkan warga dan perantauan di bidang kesejahteraannya, kehidupannya, sekolahnya, kekerabatannya dan lain sebagainya. Mari bersama kita mensukseskan seluruh program IKMS yang tentunya ini merupakan bagian dari unsur-unsur kenagarian yang terkandung dalam IKMS ini,” sebut H. Gusmal.

Disebutkan H. Gusmal, banyak organisasi kenagarian di kabupaten Solok ini memiliki ciri kas dalam membangun kampung halamannya, begitu juga dengan organisasi IKPM ini juga harus membuat ciri khas untuk membangun kampung halamannya.

“Beri dukungan penuh kepada segenap pengurus dari seluruh warga agar mereka semua dapat bekerja untuk kepentingan warganya, sebab basamo mako manjadi, maka dari itu kerjasama antara pengurus dan seluruh warga akan menjadi kekuatan baru khususnya untuk kepentingan bersama,” terang H. Gusmal.

Bupati berpesan agar berpandai-pansailah hidup di rantau orang, pandai menyesuaikan diri dengan warga dan pemerintahan setempat, apapun yang menjadi program dan kegiatan pemerintah setempat harus di dukung penuh.

Kondisi kabupaten Solok sekarang ini sudah berangsur menuju ke arah yang lebih baik, maka dari itu agar lebih optimal mari bersama kita membangun kampung halaman kita.
” Semoga IKPM ini menjadi organisasi yang baik dan sukses ke depannya,” pungkas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here