JOGYAKARTA, JN-Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, hari Sabtu (15/2), menghadiri acara Pelantikan Pengurus DPP Ikatan Warga Sanianbaka (IWS) priode 2019-2020,.Cabang Daerah Istimewa, Jogyakarta, bertempat di Rumah Gadang IWS, Jogyakarta.

Pelantikan IWS dengan mengambil Motto, Mari kita wujudkan peran serta aktif IWS menuju warga saniang baka makmur sejahtera, dihadiri oleh Bupati Solok, Ketua Dewan Pembina DPP IWS, Chairul Umaiya, Ketua DPP IWS, H. Mulyadi Badi Amin, Walinagari Saningbakar, Drs. Dasrizal Candra Bahar, Direktur Bank Nagari Cabang Solok, Heri Wildani, SE, Kabag Humas Pemjab Solok, Syofiar Syam, Kabag KSD, Devi Pribadi, Kepala Bapedda Kabupaten Solok, Erizal, Kepala Kesbangpol, Junaidi, Ketua TP PKK pemkab Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, Pengurus IWS, Tokoh masyarakat, Bundo kanduang
dan masyarakat Saniangbaka yang tidak bisa di sebut kan satu persatu.

Ketua Panitia pelaksana acara, Syaiful Adnan, dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah memberi perhatian terhadap keberadaan perkumpulan warga Perantauan khususnya perkumpulan warga Saniangbaka dengan menghadiri dan mengunjungi kegiatan-kegiatan warga perantauan ini.

“Mudah-mudahan acara ini dapat memberi motivasi bagi kami dalam rangka menjalani kegiatan dan program IWS dengan lebih baik,” sebut Syaiful Adnan.
Pihaknya memohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan ini ada yang kurang berkenan baik dalam pelayanan maupun pelaksanaan kegiatan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan SK Kepengurusan DPP IWS oleh Sekjen DPP IWS Danil Nazar Piliang, S.Pd.

Sementara Ketua Umum IWS terpilih, H. Mulyadi Badi Amin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Organisasi tidak akan berjalan dengan optimal jika para pengurus tidak bekerja dengan optimal pula.
“IWS disamping organisasi yang bersifat sosial, kedepannya kita akan himpun kekuatan ekonomi untuk menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Saniangbaka.
“Dalam struktur kepengurusan ini kita mengisi personilnya berdasarkan wilayah, yakni daerah bagian barat, daerah bagian tengah dan daerah bagian timur yang tujuannya untuk lebih solid khususnya dalam pelaksanaan tugas-tugas oleh pengurus nantinya,” sebut Mulyadi Badi.

Sementara kepada pengurus yang telah dilantik, pihaknya mengajak mari kita sama-sama bertekad untuk bersama-sama melaksanakan tugas dengan baik demi terwujudnya masyarakat IWS yang makmur, sejahtera dan baidhatun ghaibun gafur.

Ketua Dewan Pembina DPP IWS, Chairul Umaiya, pada sambutannya juga memberi apresiasi dan penghargaan kepada DPC IWS Jogyakarta, yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan swadaya penuh dari kepengurusan dan warga IWS.

“Harapan kita kepada ketua terpilih untuk dapat melaksanakan program kegiatan yang realistis untuk dapat di laksanakan dengan baik secara bersama,” terang Chairul Umaiya.

Disebutkannya, kepengurusan sekarang ini adalah generasi ke 5, dan mudah-mudahan kita bisa menciptakan regenerasi dalam kepengurusan organisasi ini untuk keberlanjutan keberadaan organisasi ini.

“Harapan kita IWS bisa memperkuat ekonomi masyarakat dan tentunya dalam pelaksanaan nya kita bisa bekerja sama yang baik dengan pemerintah Nagari Saniangbaka.

Wali Nagari Saning Baka, pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada pengurus beserta perangkat atas pelantikan ini.

“Pemerintahan Nagari berharap kepengurusan ini bisa bersinergi dengan baik dalam rangka saniang baka yang lebih baik. Mari kita bekerja sama dan membuka diri dalam membangun Nagari ini, hilangkan perbedaan dan kepentingan sebagaimana terjadi pada kegiatan-kegiatan sebelumnya,” sebut
Walinagari Saningbakar, Drs. Dasrizal Candra Bahar.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya mengucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya Kepada IWS yang masih eksis dan memelihara kehidupan adat basyandi sarak sarak basyandi kitabullah khususnya di perantauan ini.

“Selamat kepada ketua Umum yang baru dilantik dan egenap pengurus untuk dapat membuat program kerja yang mudah di pahami dan di laksanakan, jangan membuat program kegiatan yang muluk-muluk yang pada akhirnya sulit untuk dilaksanakan,” pesan Gusmal.

Bupati juga berpesan agar bangun kerja sama yang baik dengan pemerintah Nagari saniang baka agar dapat tercapai saniang baka yang lebih baik.
“Bekerja dengan ikhlas, jika ini terlaksana dengan baik maka tidak ada pekerjaan berat yang tidak bisa di laksanakan. Pengurus harus bekerja dengan baik, bina warga yang ada di parantauan, pikirkan kampung halaman kita,” pinta H. Gusmal.

Ditambahkan Bupati, jika ada kesempatan akan selalu berusaha untuk bisa hadir di semua kegiatan perantau kabupaten Solok, karena selain untuk tetap bisa menjaga jalinan silaturahmi dengan warga di kampung juga perantau memiliki potensi yang besar untuk bisa membantu dan membangun warga di perantauan dan yang berada di kampung halamannya.

“Kabupaten Solok adalah aset dan harus kita kembangkan bersama, maka dari itu jika para perantau bersatu dan peduli dengan kampung halaman, maka itu merupakan potensi besar untuk bisa membangun kabupaten Solok yang lebih baik,” pungkas H. Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here