Bupati Gusmal dan Unsur Forkompinda Solok Study Banding ke Bali

0
674

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal Dt rajo Lelo, SE, MM dan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Solok, sejak Senin tanggal 15  hingga Jum’at tanggal 19 Mei 2017 (hari ini/Red), melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali, dimana salah satunya adalah ke Kabupaten Badung.

Di Kabupaten Badung, Bupati Solok dan rombongan disambut oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Praste, S. Sos dan beberapa Kepala OPD terkait Badung. Kepada Bupati Badung dan OPDnya, Bupati Gusmal menjelaskan bahawa Kabupaten Solok menerapkan filsafah ABS-SBK dalam membangun. “Dalam membangun di Kabupaten Solok, kami berdasarkan sesuai dengan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah demi tercapainya masyarakat yang adil makmur,” jelas H. Gusmal. Hal ini ditetapkan oleh Pimpinan Kabupaten Solok dalam visi dan misinya. Ditambahkan Bupati Gusmal, untuk mencapai tujuan itu, Bupati melakkan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali dan ingin mengetahui adat budaya di Badung.

Bupati Solok yang didampingi unsur Forkopimda seperti Kapolres, Kepala Kejaksaan, Dandin, Pengadilan, Kabag Humas Devi Pribadi dan lainnya, ingin mempelajari tentang desa adat informasi tentang pembangunan. Desa adat yang diselaraskan dengan Pariwisata. Dalam pembagunan hal tersebut tentunya dibutuhkan pengawasn dari berbagai pihak, agar tidak ada benturan di kemudian hari.

Bupati Gusmal memberikan apresiasi yang besar kepada Kabupaten Badung, atas harmonisasi adat dan pariwisata yang begitu serasi. “Kami banyak belajar dari Badung ini tentang menata kerukukan adat dan pariwisata yang tidak bergersekan,” tambah Gusmal.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Praste, S. Sos, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Bali dan menyampaikan ucapan terimakasihnya sudah memilih Badung sebagai tempat study banding. “Kami juga ingin belajar banyak tentang ABS-SBK di Sumbar, yang katanya tidak jauh beda dengan di Badung,” jelas I Nyoman Giri. Pembicaraan berlansung hangat dalam suasana keakraban dengan bertukar informasi mengenai daerah masing-masing (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here