BKPSDM Kabupaten Solok Study Banding ke Kabupaten Siak

0
943

SOLOK, JN-Rombongan Tim dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), belum lama ini melakukan study banding ke Provinsi Riau, tepatnya ke Kabupaten Siak, dimana Kabupaten Siak memiliki pelayanan publik terbaik di Indonesia yang diberi nama dengan Nama Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN).

Rombongan Tim BKSDM menuju Siak dipimpin oleh Kadis BKPSDM Kabupaten Solok Editiawarman dan di Kabupaten Siak diterima oleh Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kabupaten Siak,   Drs. H.  Safrylenti di kantor Bupati setempat.

Dalam sambutan perkenalannya, Kadis BKPSDM Kabupaten Solok, Editiawarman mengatakan maksud dan tujuannya serta memperkenalkan tim kepada Pemerintah Kabupaten Siak. “Kami sengaja datang ke Kabupaten Siak ini, untuk melakukan study banding, sekaligus mempererat silaturahmi antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Siak sekaligus mau belajar tentang pelayanan PATEN yang terkenal di Siak ini,” jelas Adidiawarman.

Adiawarman juga menyebutkan bahwa rombongan dari Solok bermaksud mengunjungi tiga OPD di Siak yakni Dinas PU, Dinas Pertanian dan Dinas Penanaman Modal. “Semoga kunjungan ini bisa menambah wawasan dan saling bertukar informasi,” tambah Aditiawarman.

Sementara itu, Asisten II Kabupaten Siak,  Drs. H. Safrylenti mengatakan, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Siak sangat menghargai budaya Melayu yang bersendi pada Kerajaan Siak. Dia juga menyebutkan bahwa masyarakat Siak tidak jauh beda dengan orang Minangkabau yang masih menjunjung tinggi budayanya dan adat istiadat “Kami di Siak mempunyai pelayanan publik dengan nama pelayanan terpadu kecamatan yang disingkat PATEN, Kami memiliki peringkat pertama di tingkat nasional dalam hal pelayanan publik. Dimana sistim pelayanan satu pintu yang kami miliki, di rancang secara mandiri dan dikelola langsung tanpa melibatkan pihak ketiga. Dan selama ini berjalan efektif,” jelas . Safrylenti.

Lebih lanjut dijelaskannya,  PU Kabupaten Siak  bisa dihubungi melalui SMS ataupun telpon untuk memberikan pelayanan lansung tentang perbaikan jalan. “Hal itulah yang mengantarkan Kabupaten Siak masuk dalam program Top 99 nasional tentang inovasi pelayanan,” jelas Safrylenti, Sementara pada sektor pertanian dan perkebunan, Siak memiliki tanah persawahan dan lahan palawija seperti karet dan sawit.

Dia juga berharap agar kunjungan Pemkab Solok ke Siak bisa makin meningkatkan silaturrahmi dan saling berbagi informasi tentang kedua daerah (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here