KriminalMusibah

Satu Orang Meninggal Dunia 6 Orang Luka-Luka Akibat Lakalantas di Koto Gadang Guguak

SOLOK, JN- Untuk yang kesekian kalinya, Jalan Lintas Sumatera Solok-Padang kembali menelam korban. 
Kali ini kecelakaan maut kembali menewaskan satu orang dan 6 orang mengalami luka-luka baik berat dan ringan. Lakalantas terjadi di Jalan Lintas Sumatera, KM 16 Solok- Padang, tepatnya di Jorong Pasar Baru, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho, SH, melalui Kasatlantas Polres Sokok, Iptu Hidayanda Rizki SH, membenarkan kejadian tersebut.

 Kecelakaan Lalu luntas yang terjadi hari Rabu sore (17/3), sekira pukul 16.30 Wib, terjadi antara Mobil Dumb Truck Hyno B 9479 PYX yang dikemudikan oleh Sdr. Ferry Aidan Akmar Rambe (41)suku Batak, warga Jalan Sakura III LK XI Blok XIX Nomor 62 RT.02 RW.011 Kel. Helvetia Kec. Medan Helvetia, Sumatera Utara dengan Sepeda Motor Honda PCX BA 5605 PF yang dikendarai oleh Sdri. Regina Sukma Lega (24), warga  Simpang Rumbia Kecamatan  Lubuk Sikarah Kota Solok dan sepeda Motor Honda Beat  BA 5512 HA yang dikendari oleh Sdr. Dwi Resti Fauzia yang berboncengan dengan Sari Yulia Novita dan sepeda motor Honda Beat BA 6789 HY yang dikendarai oleh sdr. Asta Kurnia serta sepeda Motor Yamaha Mio J BA 3636 HM yang dikendarai oleh Musahar Dt Kubung   dan Sepeda Motor Honda Scopy BA 3646 HD yang kendarai oleh Sdr. Delkrisdel Petro.

Menurut Kasatlantas, Iptu Hidayanda Rizki SH, kecelakaan berawal dari Pengemudi Mobil Dumb Truck Hyno B 9479 PYX yang datang dari arah Padang menuju Solok dan sesampainya di TKP dengan situasi jalan yang menurun, mobil dump truck tersebut mengalami Rem Blong dan kemudian hilang kendali serta tidak dapat di hentikan. 
Pada saat yang bersamaan datanglah 3 tiiga Unit Sp. Motor Honda PCX BA 5605 PF, Sp. Motor Honda Beat  BA 5512 HA dan Sp. Motor Honda Beat BA 6789 HY yang bersama- sama mendahului mobil Dump Truck  tersebut dari arah yang bersamaan dimana secara tiba-tiba Mobil Dump Truck tersebut dikarenakan rem blong membelokkan kendaraan kekiri sehingga menabrak Pengendara Seoeda Motor PCX BA 5605 PF dan pengendara Sepeda Motor PCX BA 5605 PF tersebut terjatuh dari Seoeda Motor yang di kendarainya, setelah pengendara Sepeda Motor PCX tersebut terjatuh kemudian Mobil Dump Truck tersebut banting stir kekanan hingga Rebah dan menghimpit pengendara Sepeda Motor PCX hingga lengser kedepan serta menabrak pengendara Sepeda Motor Honda Beat  BA 5512 HA dan Sepeda Motor Honda Beat BA 6789 HY, kemudian mobil dump truck tersebut memasuki lajur lawan dan menabrak lagi dua Unit Kendaranan sepeda Motor Yamaha Mio J BA 3636 HM dan Sepeda Motor Honda Scopy BA 3646 HD yang saat itu sedang memperbaiki sepeda motor dibengkel yang berda dibahu jalan. 

Akibat dari kejadian tersebut Pengendara Seoeda Motor Honda PCX BA 5605 PF yang dikemudikan oleh Regina Sukma Lega, langsung meninggal Dunia di TKP. Sedangkan pengemudi Mobil Dump Truck beserta Pengendara Sepeda Motor lainnya mengalami luka berat dan Ringan Kemudian terhadap korban dilarikan ke RSUD Kayu Aro Kabupaten Solok. Terhadap kendaraan yang  terlibat kecelakaan telah diamankan di Sat Lantas Polres Solok.
Adapun data kengkap pengemudi dan pengendara yakni pengendara Mobil Dump Truck Hyno B 9479 PYX yakni Ferry Aidan Akmar Rambe (41), pekerjaan Buruh Harian Lepas, warga Jalan Sakura III LK XI Blok XIX Nomor 62 RT.02 RW.011 Kel. Helvetia Kec. Medan Helvetia. Pengendara mengalami luka ringan. Kemudian pengendara sepeda Motor Honda PCX BA 5605 PF yang meninggal dunia adalah Regina Sukma Lega (24), warga  Simpang Rumbia Kec. Lubuk Sikarah Kota Solok, pengendara meninggal dunia.


Selanjutnya sepeda Motor Honda Beat  BA 5512 HA yang dikendarai oleh Dwi Resti Fauzia (18) warga Talang Aro Simpang Empat Belakang Nagari Talang Kec. Gunung Talang Kabupaten Solok. Pengendara mengalami luka berat.


Kemudian  Motor Honda Beat BA 6789 HY yang dikendarai oleh Asta Kurnia (42), wargaJln. Banda Ubo No. 25 Perum Batu Kubung Kecamatan Kubung Kabupaten  Solok, pengendara mengalami luka ringan.
Selanjutnya sepeda Motor Yamaha Mio J BA 3636 HM yang dikendarai oleh Musahar (66), warga Jorong Pasar Baru Nag. Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, mengalami luka ringan.
Sepeda Motor Honda Scopy BA 3646 HD yang dikendarai oleh Delkrisdel Petro (29), warga Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kab. Solok. 
Selanjutnya Sari Yulia Novita (17), warga Koto Gaek Guguak Kec. Gunung Talang Kab. Solok mengalami Luka Berat.

Menurut Kasatlantas, kecelakaan diduga akibat serta rem blong.
“Selain itu, kondisi jalan yang naik turun dan berada pada tikungan, juga salah satu penyebab kecelakaan tersebut,” jelas Iptu Hidayanda Rizki SH,

Pihaknya meminta kepada semua pengendara yang akan melintas di Jalan Lintas Kabupaten Solok untuk memeriksa kesiapan rem karena medan jalan di Kabupaten Solok yang sangat berat dan naik urun serta banyak tikungan dan juga sering terjadi kecelakaan.
     Akibat dari kejadian tersebut, satu orang  meninggal dunia  di TKP dan 5 orang luka-luka langsung dibawa ke RSUA Arosuka.

            “Kita menghimbau kepada para pengendara untuk selalu berhati-hati bila melintas di Jalan Solok Padang karena medan jalannya naik turun dan banyak tikungan dan juga akan licin pada saat musim hujan dan berkabut,” terang Iptu Hidayanda Rizki SH (wandy)

Exit mobile version