SOLOK, JN- Satu orang pelaku curanmor di Wilayah Hukum Polres Solok, diduga kuat merupakan oknum anggota Kepolisian aktif yang bertugas di Polres Sawahlunto.


Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho, SH, S.Ik, M.Si, melalui Kasat Reskrim Pokres Solok, AKP Deni Akhmad Hamdani, S.IK, kepada awak media Jum’at (29/5), menyebutkan bahwa pada hari Jum’at dini hari, sekira pukul 01, dua orang pelaku pencurian mobil, 
beraksi di rumah milik korban Hendri di kawasan Halaban, Jorong Subarang, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.
“Korban mengetahui mobil minibus miliknya hilang saat hendak Shalat Subuh sekitar pukul 04.30 Wib. Karena mengetahui mobil miliknya sudah tidak ada lagi di halaman rumahnya, kemudian korban langsung melapor ke Polsek Kubung,” terang AKP Deni Akhmad. Kemudian usai melapor, sekira pukul 06.00, Wib di Mapoksek, anggota Polsek Kubung  juga langsung mendatangi rumah korban untuk melakukan olah TKP.


“Selanjutnya sekira pukul 12.00 siang, korban mendapat telpon dari petugas Polsek Kubung untuk datang ke Mapolsek untuk memberi keterangan lebih lanjut. Namun saat dalam perjalanan, korban Hendri melihat mobil miliknya melintas di depannya di Koto Baru dan spontan korban langsung meneriaki maling sembari mengejar mobil miliknya yang lari menuju arah Kota Solok,” beber AKP Deni Akhmad.
Selanjutnya Personel Polsek Kubung langsung merespons dengan melakukan pengejaran dan mengajak personil Pos Pam Ketupat di Simpang Koramil Selayo. Setelah bergabung, personel polusi dan TNI melakukan kejar-kejaran dari Kawasan KTK Kota Solok, akhirnya, kedua pelaku berhasil dibekuk di Jalan Lingkar Utara kawasan Laing, Kota Solok.

Kedua pelaku sempat mendapat hadiah bogem mentah dari warga yang kesal melihat ulah kedua pelaku. Namun Personel gabungan berhasil mengamankan kedua pelaku dari amuk massa, usai terlibat pengejaran yang cukup dramatis. 
Selanjutnya kedua pekaku dibawa ke Mapolsek Kubung untuk dilakukan intrograsi.
Pada saat dilakukan interogasi di Mapolsek Kubung itulah terungkap bahwa salah seorang pelaku merupakan anggota polisi aktif tang berdinas di Polres Sawahlunto. Pelaku berinisial NF (40), berpangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu) yang berdinas di Satuan Sabhara. Sementara, satu pelaku lainnya berinisial DA (38), merupakan warga Gurun Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Usai diperiksa di Mapolsek Kubung, selanjutnya keduanya dibawa ke Mapolres Solok di Lubuk Selasih untuk pemeriksaan intensif.  “Dari interogasi awal di Mapolsek Kubung, keduanya mengakui perbuatannya. Dari pengakuan keduanya, mereka terdesak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambah AKP Deni Akhmad.


Namun pihaknya menjelaskan bahwa  polisi akan terus melakukan pemeriksaan intensif kasus ini, apakah mereka terlubat gang curanmor di tempat lain atau tidak.”Nanti akan kita kabari hasil pemeriksaan lebih lanjut. Yang pasti kedua pelaku sudah kita amankan ke Mapolres,” pungkas AKP Deni Akhmad. (Jn01/ujang.s/wan/rij)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here