Peringati Hari Anti Korupsi se Dunia: Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Bagikan Stiker Anti Korupsi

0
470
PADANG, JN– Dalam rangka memperingati hari anti korupsi se dunia. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat menggelar upacara di halaman kantor Kejati,jalan Randen Saleh, pada Jumat (8/12) kemaren.
Dalam upacara tersebut Kepala Kejati Sumatera Barat, Diah Srikanti, bertindak sebagai inspektur. Dalam upacara tersebut, Kepala Kejati Sumatera Barat, Diah Srikanti, membacakan amanat, dari Wakil Jaksa Agung Republik Indonesi, Arminsyah.  Dalam amanatnya ia menyampaikan, supaya melangkah bersama dalam jejaring yang kuat dengan seluruh lapisan kompenen masyarakat untuk bersatu padu melawan prilaku dan budaya korupsi.
“Keberhasilan pemberantasan korupsi akan berkorelasi positif dengan kesejahteraan masyarakat, maka proses penegakan hukum haruslah membawa manfaat bagi banyak orang,” katanya. Ia juga menambahkan gambaran kinerja Kejaksaan dalam memberantas tindak pidana korupsi (tipikor) priode Januari hingga November 2017, melalui penyelidikan sebanyak 1.253 perkara. Penyidikan sebanyak 1.300, sedangkan penuntutan sebanyak 1.754 perkara.
“Dari jumlah penuntut tersebut sebanyak 966 perkara merupakan hasil penyidikan kejaksaan, dan 788 perkara berasal dari  penyidikan polri, dan sudah dilaksanakan eksekusi pidana badan sebanyak 1.552 perkara,” tambahannya.
Selain itu ia menuturkan adapun penyelamatan keuangan negara baik tahap penyidikan maupun penuntutan yang dilakukan kejaksaan dari Januari hingga November 2017 sebesar Rp 684.092.858.877.00. Sedangkan untuk uang pengganti yang disetorkan ke kas negara Rp 203.400.603.826.000. Sementara untuk uang eksekusi pidana denda yang telah disetorkan ke negara sebesar Rp 34.070.130.200,00. “Kita dituntut untuk kokoh, membentengi diri terhadap, berbagai kebiasaan dan budaya yang tidak mendukung, berjalannya penegakkan hukum yang bersih dan bebas korupsi,” ujarnya.
Dalam peringatan hari anti korupsi sedunia, adapun tema yang angkat pada tahun ini Bergerak bersama memberantas korupsi untuk menwujudkan masyarakat yang sejahtera.
Usai upacara, kepala Kejati Sumatera Barat bersama para asisten, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, serta Kejari Mentawai. Melakukan pembagian stiker hari anti korupsi kepada pengguna jalan (Eko M/mep)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here