Pengadilan Tinggi Sumatra Barat Tolak Banding Caleg Mardalis Tanjung

0
786

SOLOK, JN- Pengadilan Tinggi Sumatra Barat, menolak banding Caleg DPRD Kabupaten Solok yang bernama Mardalis Tanjung dari partai Berkarya.

Mardalis Tanjung yang merupakan Caleg Partai Berkarya Dapil 3 Kabupaten Solok, sebelumnya di Vonis Hakim Pengadilan Koto Baru  selama 1 bulan penjara dan  sebesar Rp1 juta tanggal 22 Desember 2018 lalu, mengajukan Banding Ke Pengadilan Tinggi Sumatra Barat.Namun memori banding Mardalis Tanjung di tolak oleh pengadilan Tinggi Sumatra Barat pada hari Jumat lalu dan tetap menvonis terdakwa 1 bulan penjara dan denda 1 juta.
Dari Informasi yang berhasil dihimpun media ini dari Bawaslu Kabupaten Solok, salinan Keputusan dari Pengadilan Tinggi Sumbar mengenai tindak Pidana Pemilu yg di lakukan oleh Mardalis terhadap Caleg DPRD Kabupaten Solok yang berasal dari Partai PAN dari Dapil 3 Kabupaten Solok, Ivoni Munir, belum di terima oleh pihak bawaslu.
“Jika sudah ada salinan keputusan dan sudah berkekuatan hukum tetap (Inckraht), kita dari Bawaslu akan membuat surat ke KPU Kabupaten Solok untuk pengusulan pencoretan sebagai Caleg,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Junaidi.
Mardalis di Vonis 1 bulan penjara dan Denda 1 juta Rupiah kerena membuat Kampanye Hitam dengan menfitnah Ivoni Munir dan menghasud masyarakat utk tidak memilih Ivoni Munir pada Pileg 17 April 2019.”Ya, Bapak Mardalis sengaja menghasut masyarakat agar tidak memilih saya,” jelas Ivonir Munir, Rabu (9/1) di Arosuka.Ditambahkan Ivoni Munir, terdakwa juga diusulkan Panwaslu untuk digugurkan haknya sebagai Caleg.
Hal itu menurut Ivoni Munir tidak sesuai dengan UU Pemilu No 7 tahun 2017 yaitu pasal 521 jo pasal 280 ayat 1 huruf c.Mardalis Tanjung alias Pak Kades, Caleg Partai Berkarya Dapil Solok III Nomor urut 7 asal Nagari Kinari Kecamatan Bukit Sundi itu, divonis bersalah oleh majelis hakim yang diketuai Syofia Nisra, S.H., M.H dengan hakim anggota Devi Andri, S.H., M.H dan Suluh Pardamaian, S.H., M.H dalam persidangan Rabu (20/12).

Terdakwa Mardalis Tanjung yang sudah berumur 74 tahun ini, divonis terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan, melakukan tindak pidana pelanggaran Pemilu sesuai Pasal 521 Jo pasal 280 ayat 1 huruf c Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dalam perkara bernomor REG. PERK. :PDM-104/Solok/Ep.3/12/2018 bertanggal 10 Desember 2018 itu (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda