Pelaku Pembunuhan di Muara Panas Ditembak Polisi

0
1791

SOLOK,JN- Pelaku pembunuhan sadis terhadap Delfi Busyra (41) di Muaro Paneh terungkap, pelaku Rahman alias Fito (28) adalah teman korban, hubungan mereka memanas ketika pembagian hasil pencurian yang mereka lakukan tidak rata. Korban mengambil lebih banyak ketimbang pelaku, akibatnya berujung pada aksi penusukan yang dilakukan pelaku.

Pelaku berhasil dibekuk petugas Satreskrim Polres Solok Kota di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Kamis (16/5). Pelaku yang lincah sempat berupaya kabur, namun gagal, timah panas menancap di kakinya untuk menghentikan lincahnya pelaku.

Dari informasi yang didapat Koran Padang di Mapolres Solok Kota Jumat (17/5), motif dibalik kasus ini dilatarbelakangi oleh pembagian hasil pencurian yang tidak adil. Pelaku yang merupakan warga Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, tidak terima dengan hasil penjualan mobil hasil curian mereka, pembagian lebih banyak diambil korban.

Korban yang merupakan warga Gunung Pangilun, Kota Padang itu sempat tidur dirumah pelaku selama tiga hari sebelum kejadian. Sebelumnya pelaku bersama korban, melancarkan aksi pencurian mobil di Kota Padang, mobil hasil curian tersebut mereka jual dan uangnya mereka bagi. Namun pembagian jatah itu tidak adil bagi pelaku, hingga pelaku merasa sangat dirugikan.

Hubungan persahabatan antara pelaku mulai mengalami keretakan, ketika pelaku menuntut pembagian yang sama rata. Bahkan keributan di depan kincir air tua itu berlanjut pada perkelahian. Sebilah pisau dapur pun keluar dan menancap di bagian leher korban. Pelaku juga beberapa kali menusuk leher korban hingga terkapar dan bersimbah darah.

Melihat korban terkapar, pelaku langsung meninggalkan korban, untuk menghilangkan jejak, pelaku yang telah keluar masuk bui itu, kabur dengan berpindah pindah tempat. Awalnya pelaku yang merupakan residivis kasus pencurian di daerah Palembang dan Solok kabur ke daerah Cupak. Pelaku menghilang dan lari ke daerah Surian.

Pelaku terus bergerak hingga ke daerah Solok Selatan, pelarian pelaku tercium oleh petugas. Mendapat informasi keberadaan pelaku, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memerintahkan anggotanya untuk bergerak. Tim Reskrim Polres Solok Kota bergegas mengejar pelaku hingga ke Solok Selatan.

Dalam perburuan terhadap pelaku, petugas berpapasan dengan pelaku di kawasan Padang Aro, Solok Selatan. Petugas seketika melakukan pengejaran, pelaku berusaha kabur ketika melihat petugas. Usaha pelaku untuk kabur sia-sia, petugas berhasil menghentikan motor pelaku. Saat ditangkap, pelaku belum menyerah, menunjukan kelincahannya dan melawan petugas, sebutir timah panas terpaksa disarangkan petugas di bagian kaki pelaku.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan mengatakan kasus ini masih didalami petugas. Motif sementara karena dilatarbelakangi pembagian hasil penjualan mobil yang mereka curi, tidak rata, sehingga pelaku merasa dirugikan dan berujung pada perkelahian dan penusukan oleh pelaku terhadap korban.(van)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda