Pelaku Merupakan Mantan Polisi: Polresta Solok Lumpuhkan Bandar Narkotika Asal Aceh

0
1395
SOLOK, JN- Bahaya dan ancaman narkoba memang benar-benar sudah sangat mencemaskan. Di Indonesia, hampir setiap hari kita dengar ada penangkapan bandar dan pengedar narkotika dalam jumlah besar untuk meracuni anak bangsa. Bahkan beberapa waktu lalu Mabes Polri berhasil mengungkap pabrik ekstasi di sebuah diskotik di kawasan Jakarta Barat dimana pabrik tersebut bisa menghasikan ekstasi dan sabu hingga ribuan butir per hari. Belum lagi Mabes Polri juga berhasil mengamankan ratusan kilo bahan pembuat obat terlarang tersebut.
Di Sumatera Barat yang katanya daerah yang dikenal dengan adat dan agamanya, juga hampir setiap hari kita dengar ada pemakai atau bsndar narkoba yang berhasil diamankan polisi. Hal ini juga mengambarkan bahwa di Ranahminang juga banyak konsumen penikmati barang haram tersebut.
Rabu malam (27/12),  sekira pukul 20.00 Wib, Tim Gabungan Polresta Solok dan Sat Narkoba, berhasil mengungkap jaringan dan bandar narkoba asal Aceh di Jalan Lintas Solok-Ombilin tepatnya di Jorong Lembang Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.Meski secara Administratif masuk wilayah Kabupaten Solok, namun wilayah hukumnya masuk ke Polresta Solok kota.
Penangkapan terhadap seorang laki-laki yang membawa Narkoba Jenis Ganja dan shabu ini, menurut Kapolresta Solok, AKBP Dony Setiawan, berdasarkan hasil informasi masyarakat bahwa ada seseorang pria sedang membawa narkotika menuju Solok. “Atas informasi tersebut kita langsung melakukan pengintaian dengan ciri-ciri yang disebutkan di sepanjang jalan Danau Singkarak,” jelas AKBP Doni Setiawan, Kamis (28/12). Tersangka merupakan mantan anggota Polri dan sudah disersi selama satu tahun.
Penangkapan tersangka yang bernama Fachrur Rozi (32), Warga Langsa Provinsi DI Aceh ini penuh dramatis.
Sementara Barang Bukti (BB) Narkotika yang berhasil diamankan bersama tersangka adalah sebanyak 90 Paket besar Ganja dengan berat kurang lebih 90 Kg, 3 paket kecil ganja dengan berat kurang lebih 3 Kg, 1 paket kecil Shabu kurang lebih sebanyak 1 Gram, 1 alat hisap berupa Bong, 1 buah buku tabungan Bank BRI Atas nama Fachrur Rozi dan Satu buah buku tabungan  Bank BNI 46 Atas nama tersangka Fachrur Rozi serta sebuah kendaraan jenis Toyota Rush.
Kronologis penangkapan adalah bahwa sekira pukul 17.00 Wib didapatkan informasi oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, SIK. MH dari masyarakat dn Polda Sumbar, bahwa ada seseorang yang membawa Narkotika Jenis Ganja dari Aceh menuju kota Solok melalui Danau Singkarak dengan menggunakan mobil toyota Rush warna Silver BA 1635 RN.
“Mendapat informasi tersebut, kemudian Kita langsung memerintahkan Bapak Waka Polres, Kasat Reskrim, Kasat Intel dan Kasat lantas beserta seluruh personil untuk melakukan penghadangan terhadap pelaku yang membawa narkotika jenis ganja tersebut,” jelas AKBP Dony Setiawan.
Kemudian lanjut Kapolres, sekira pukul 19.30 wib personil gabungan Reskrim dan Intelkam melakukan penyisiran, dalam perjalanan rombongan menemukan kendaraan yang dipakai pelaku kemudian kasat Reskrim menginformasikan kepada dirinya bahwa tersangka dengan kendaraan Toyota Rush warna silver BA 1653 RN dengan kecepatan tinggi menuju arah Solok dan untuk rombongan opsnal Reskrim dan Intelkam mengikuti dari belakang.
Kemudian  Kapolres Solok Kota dengan beberapa personil kemudian melakukan penghadangan terhadap kendaraan pelaku, namun pelaku tetap memaksakan diri untuk lari dari hadangan Kapolres dan tim. Setelah itu Kapolres menginformasikan ke Kapospam Singkarak untuk stand by di jalan untuk melakukan penghadangan terhadap pelaku.
Setelah diberi tembakan peringatan, pelaku tetap berusaha melarikan diri kearah jorong Lembang Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok dan disana personil berhasil melumpuhkan pelaku dengan tembakan kearah paha.
Sekira pukul 20.00 Wib pelaku berhasil diamankan dan langsung di bawa ke RSUD Solok untuk diberikan perawatan dan dilakukan penggeledahan terhadap mobil pelaku dan seluruh barang bukti berhasil ditemukan di dalam mobil.
“Saat ini pelaku dan seluruh barang bukti sudah kita amankan di Mako Polres Solok Kota untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut dan kita lakukan pengembangan terhadap jaringan tersangka,” pungkas AKBP Dony Setiawan (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here