Pelajar di Kabupaten Solok Diberi Penyuluhan Hukum Oleh Jaksa

0
543

SOLOK, JN- Para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Solok, diberi penyuluhan hukum oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat atau yang dikenal dengan nama Jaksa Masuk Sekolah (JMS), Selasa (20/3), bertempat di Gedung Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok.

Acara yang dibuka oleh Bupati Solok tersebut, bertujuan untuk memberi sosialisasi kepada para pelajar untuk mengenali hukum, jauhkan hukuman serta pelajar tidak sampai melanggar hukum.

Menurut Kejati Tinggi Sumbar yang diwakili oleh Asisten Intelijen Yuswandi, acara pelaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum dan Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (INMATKUM), untuk menjalin Kerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Solok. “Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada berbagai elemen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta generasi muda Kalangan Pelajar agar tercipta masyarakat sadar hukum dan taat hukum,” jelas Yuswandi. Disebutkannya, selain acara jaksa masuk sekolah tersebut, acara tersebut juga bertujuan untuk program jaksa menyapa, dilaksanakan melalui TVRI dan RRI dengan memberikan penyuluhan secara langsung, interaktif kepada penonton dan pendengar.

“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional (Nawa Cita) ke delapan, Melaksanakan Revolusi Karakter Bangsa,” tambah Yuswandi.

Kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif dari Pihak Dinas Pendidikan Menengah, Non Formal, Dinas Pendidikan, Guru serta siswa-siswi dimana hal ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah sekolah yang mengajukan permohonan pelaksanaaan Penerangan Hukum Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di Kabupaten solok

Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan  ucapkan selamat datang dan terimakasih atas kedatangan kejati di Kabupaten Solok, denganharapan acara ini akan menambah pengetahuan tentang hukum bagi masyarakat, termasuk para pelajar dan generasi muda. “Jaksa Masuk Sekolah merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, dengan tujuan untuk pengenalan serta pengenalan hukum sejak dini, sehingga generasi bangsa tidak terjerumus dengan pelangaran hukum seperti tawuran, narkoba dan masalah criminal lainya,” terang Gusmal.

Bupati berharap kepada para pelajar sekalian untuk dapat membentengi diri dengan iman dan taqwa, jangan sampai kita terpengaruh dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.  “Hari ini diadakan jaksa masuk sekolah, kedepanyasaya berharap dilaksanakan penyuluhan hukum kepada pejabat tinggi pratama dilingkup pemerintah Kabupaten Solok,” sambung Gusmal.

 

Tampak hadir pada acara JMS tersebut antara lain, Asisten Intelijen Kajati Sumatera Barat, Yuswandi, Sekda Solok, H. Aswirman, SE. MM, Kepala Kejaksaan Negri Solok, Aliansyah

Dandim Solok, yang diwakili oleh Togar Harahap, Para Kepala SKPD dan Camat Dilingkup Pemerintah Kabupaten Solok, para Kepala Sekolah, Majelis Guru Beserta Siswa SMP Se Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here