Operasi Antik Singglang, Polres Solok Amankan 6 Orang Tersangka Narkoba

0
1576

SOLOK, JN – Polres Solok Kota mengungkap 5 kasus narkoba dalam periode waktu 15 hingga 23 Februari 2018. Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Minggu (25/2) mengatakan selama Ops Antik Singgalang 2018, dari 5 kasus tersebut polisi berhasil menagkap sebanyak 6 tersangka serta mengamankan barang bukti berupa 8 paket Mehtamphetamine (sabu) dan 4 paket ganja.

Penangkapan pertama dilakukan hari Kamis (15/2) sekira pukul 14.00 Wib diperoleh informasi dari masyarakat bahwa di daerah SPBU Samsidar, Kelurahan Pasar Pandan Air Mati Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, sering terjadi transaksi jual beli narkotika, kemudian tim Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan sekitar jam  17.40 wib, tim melihat orang yang dicurigai turun dari ojek di depan SPBU Samsidar, kemudian tim langsung mengamankan orang tersebut.

Pelaku adalah ASR (17) bekerja sebagai petani beralamat di Jalan Veteran RT 01/RW 02 Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Dan AS (17) masih pelajar, beralamat di Jalan Patimura RT 003/RW 002 Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Ketika dilakukan pemeriksaan ditemukan 1 paket kecil yang diduga narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan plastik bening di dalam kelopak busa bagian dalam helm yang di pakai  oleh ASR barang tersebut dibelinya dari AS di daerah Tanjung Paku, kemudian tim melakukan pengejaran terhadap AS yang sedang berdiri sambil nelpon didepan warnet, dan langsung diamankan dan ketika dilakukan pemeriksaan dirumahnya ditemukan 2 paket kecil yang diduga narkotika jenis shabu yang dibungkus plastik bening.

Dari tangan pelaku ASR dan AS berhasil diamankan 1 paket kecil yang diduga narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan palstik warna bening, 1 buah helm merk KYT warna putih les hitam, 2 paket kecil narkotika jenis shabu yang dibungkus plastik bening, 1 buah hand phone merk samsung warna hitam,  1 set alat hisap shabu (bong), Uang sebesar Rp 200.000,- dan 1 bungkus plastik klip warna bening.

Pada hari Kamis (22/2) sekira pukul 18:00, Polisi berhasil mengamankan pelaku tindak pidana narkoba di Palo Koto, Jorong Pasa Mudiak, Nagari Tanjung Balik, Kecamatan X Koto Di Atas, Kabupaten Solok. Pelaku adalah (BJP) 28 tahun, dari tangan pelaku berhasil diamankan 4 paket sabu.

Kemudian pada hari Jumat (23/2) sekira pukul 13.00 Wib diperoleh informasi dari masyarakat bahwa di Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, sering terjadi transaksi jual beli narkotika jenis ganja, kemudian tim sat resnarkoba melakukan penyelidikan di daerah tersebut, dan bertemu dengan masyarakat yang melaporkan bahwa di Jalan Ahmad Yani RT 001/RW 004 Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, akan terjadi transaksi narkotika.

Sekira pukul 18:10 WIB seorang yang dicurigai sedang duduk diatas sepeda motor, kemudian tim melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor tersebut dan ditemukan 1 (satu) yang diduga berisikan narkotika jenis ganja. Pelaku adalah RA (19) penganguran, yang beralamat di Jalan Tandikat RT 003/RW 003 Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarak, Kota Solok.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah 1 paket sedang yang diduga narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi warna coklat muda, 1 buah hand phone warna putih, 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna putih striping merah tanpa plat nomor serta kunci kontak.

Dihari yang sama Jumat (23/2) sekira pukul 18.30 WIB, Tim Res Narkoba Mendapat informasi bahwa di daerah Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, sering terjadi transaksi jual beli narkotika jenis ganja, Tim sat resnarkoba melakukan penyelidikan di daerah tersebut, dan saat tim berada di di Jalan Syeh Zakaria RT 001/RW 002 Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, tim melihat orang yang dicurigai sedang berada didepan sebuah rumah.

Kemudian petugas langsung menghampiri dan mengamankan orang yang dicurigai, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap rumah kontrakan pelaku dan ditemukan 1 buah ember plastik warna hitam yang berisi 1 paket besar yang diduga berisikan narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan lakban warna kolat muda dan 1 paket sedang yang berisikan narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi warna coklat muda.

Pelaku adalah RAC (37) pekerjaan swasta, beralamat di Jalan Perwira Gang Karya No 417, RT 001/RW 003, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarak, Kota Solok. Dari pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 1 paket besar yang diduga narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan lakban warna coklat muda, 1 paket sedang yang berisikan narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi warna coklat muda, 1 buah hand phone merk SAMSUNG warna coklat muda, 1 buah hand phone merk Strawberry warna merah, 1 buah ember plastik warna hitam.

Pada hari Jumat (23/2) sekira pukul 20:30 polisi menangkap 1 orang pelaku tindak pidana narkoba jenis sabu dan ganja. Berdasarkan informasi yang didapat petugas bahwa di daerah Perumahan Mutiara Indah RT 003/RW 006, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, sering terjadi transaksi jual beli narkotika. Kemudian tim sat resnarkoba melakukan penyelidikan di daerah tersebut, saat tim sampai rumah yang dicurigai di Perumahan Mutiara Indah tersebut, tim melihat seseorang yang dicurigai melarikan diri dari ruang tamu ke belakang.

Sekira pukul 20.30 Wib tim berhasil mengamankan orang tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap rumah kontrakannya dan ditemukan 1 paket yang diduga berisikan narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan plastik bening, 1 set alat hisap shabu (bong) serta 2 buah mancis di lantai ruang tamu dan 1 paket kecil yang berisikan narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi warna coklat di rak TV yang berada di ruang tamu.

Pelaku adalah ALEK (29), tidak bekerja, beralamat di Perumahan Mutiara Indah RT 003/RW 006, Kelurahan Kampung Jawa, Kec. Tanjung Harapan Kota Solok. Dari pelaku berhasil diamankan 1 paket yang diduga narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan plastik bening,  1  paket yang berisikan narkotika jenis ganja yang dibungkus dengan kertas pembungkus nasi warna coklat, 1 set alat hisap shabu (bong) dan 2 buah mancis.

“Seluruh pelaku berserta barang bukti kini diamankan di Mapolres Solok Kota, para pelaku dikenakan Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) Undang-undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup,”kata Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan didampingi Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak.(van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here