Dua Bocah ABG Tertangkap Maling Kotak Amal di Lubuk Selasih

0
1586

LUBUK SELASIH, JN- Tertangkap tangan tengah mencuri kotak amal Masjid Baburrahman, Lubukselasih, Nagari Batangbarus, Kecamatan Gunungtalang, dua bocah digelandang warga ke Mapolres Arosuka.

Masing-masing pelaku, Ilham Ibrahim, 16, mengaku warga Indarung Kota Padang dan Dani Saputra, 14, mengaku warga Lumpo Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Keduanya mengaku anak jalanan (anjal) yang sehari-harinya bekerja sebagai pengamen.
Informasi yang berhasil dihimpun media ini menyebutkan bahwa penangkapan dua bocah tidak tamat Sekolah Dasar (SD) ini berawal dari kecurigaan masyarakat sekitar Masjid Lubukselasih yang melihat gerak-gerik keduanya di pekarangan Masjid.
Lantas, sekitar pukul pukul 23.00 Wib, warga yang curiga mencoba mendekati keduanya yang tampak seperti orang ketakutan. Ternyata, kecurigaan masyarakat tidak meleset. Keduanya baru saja beroperasi mencongkel kotak amal Masjid. Tanpa pikir panjang, wargapun menangkap pelaku dan menggiringnya langsung ke Mapolres Arosuka yang tidak jauh dari lokasi kejadian.
Bersama pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti (bb) hasil pencurian kotak amal sebesar Rp1 juta lebih. “Sekitar 30 orang warga yang mengantarkan kedua pelaku ke sini pada Jum’at malam (27/1),” terang Kapolres Arosuka melalui Kasat Reskrim AKP Edwin, kemarin, (29/1).
Kepada petugas, Ilham Ibrahim mengaku sering membobol kotak alam Masjid dan Mushalla. Namun, hal itu dilakukannya di kawasan Indarung, Kota Padang. Anak ke-2 dari 4 bersaudara ini juga sering mengambil uang milik familynya. “Kalau di Solok, ini pertama kali saya maling kotak amal,” terang Ilham yang hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 2 SD itu.
Dihadapan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Arosuka Solok, Bripka Dewi Suryani, Ilham mengaku sampai di Solok karena kenal dengan Dani. Sebelumnya, dia dan Dani hanyam mengamen seputaran lampu merah di Kota Padang. “Lalu kita coba ngamen ke Solok,” kata Ilham yang mengaku baru kenal Dani sekitar 2 minggu belakangan.
Pelaku Dani juga mengakui, jika sering mencuri di kawasan Painan dan Kota Padang. “Sering juga mencuri kotak amal di lokasi lain,” sebut bocah yang sampai kelas 4 SD itu.
Atas perbuatan itu, kedua pelaku kini diamankan di Mapolres Arosuka untuk proses lebih lanjut. (Riky C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here