DPO kasus Pencurian di Toko Fitri Colection di Salayo Solok Tertangkap di Padang

0
419

SOLOK, JN- Jajaran Sat Reskrim Polsek Kubung kabupaten Solok, berhasil meringkus satu orang tersangka yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), kasus pencurian pakaian di Toko busana Fitri Colection, yang berada di Jorong Galanggang Tangah Nagari,Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok pada sekitar dua Minggu lalu.

Tersangka yang diketahui bernama Dicke Yakuma (32), merupakan warga Kampung Baru, Lubuk Kilangan, kota Padang. Tersangka Dicke dibekuk di Simpang Jalan Baru, Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, pada Rabu (27/3) kemaren.

Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan, melalui Kapolsek Kubung AKP Afdimon, kepada awak media menyebutkan kronologis penangkapan tersangka yang berawal dari adanya LP dari korban Auzan dengan Nomor LpP/13/III/2019 tanggal 09 Maret 2019.

Dalam laporan itu, terungkap tindak bahwa aksi pencurian yang dilakukan bersama ekan Dicke yakni Yuzi Azhar (34) alias Ozi bersama 2 orang rekannya yang juga warga Kampung Baru Lubuk Kilangan Kota Padang, dan Syahrul Wadi, di toko busana milik Auzan Hasan warga Galanggang Tangah Salayo Kecamatan Kubung.

“Para pelaku masuk ke toko tersebut dengan merusak dua gembok besar yang digunakan untuk mengunci pintu besi rolling kedai milik korban. Saat menjalankan aksinya, pelaku mengambil barang-barang berupa pakaian gamis anak-anak dan wanita dewasa, pakaian dalam pria dan wanita, dan jilbab wanita yang berada di dalam etalase,” terang AKP afdimon. Selanjutnya para pelaku memasukan barang curian tersebut kedalam 2 buah karung besar warna putih bergaris biru.

Merasa sudah puas dengan hasil curian, kemudian para pelaku bermaksyd hendak kabur dengan menggunakan satu unit sepeda motor. Namun malang bagi para pelaku, aksi mereka diketahui oleh warga sekitar dan beberapa orang warga bersama aparat kepolisian sektor Kubung langsung mengamankan dua pelaku yakni masing-masing Yuzi Azhar dan Syahrul Wadi. Namun pelaku Dicke berhasil kabur, dengan menggunakan sepeda motor bersama barang bukti berupa 2 karung besar yang berisi pakaian.

Aparat Polsek Kubung terus melakukan pengejaran, namun sampai di depan Rumah makan, Kalio Baluik milik Mak Oyok di Kotobaru, petugas menemukan Barang bukti berupa 2 karung besar yang berisi pakaian. Sayangnya pelaku ditemukan dan diduga melarikan diri ke arah Padang.

Dari hasil pengembang penyelidikan atas kasus tersebut, petugas dari unit Reskrim Polsek Kubung mendapat informasi bahwa salah satu pelaku dengan DPO nomor : DPO / 1/2019 tanggal 12 Maret 2019 atas nama Dicke Yakuma sedang berada di Indarung Kota Padang. Menindaklanjuti itu, kemudian Kanit Reskrim Bripka Bobby Hariyanto bersama anggota Bripka Septrinicko, SH, Brigadir Rizki Refda Sanjaya dan Brigadir Edupi Renhan berangkat menuju Indarung, Rabu (27/3).

“Sampai di TKP, anggota kita tidak menemukan tersangka, karena tersangka baru saja pergi dengan mobil angkot. Namun anggota kita melakukan pengejaran terhadap angkot yang dimaksud,” terang AKP Afdimon.

Sesampai di depan Simpang Jalan Baru Indarung, petugas melakukan pencegatan terhadap mobil yang ditumpangi tersangka dan meringkus tersangka yang sehari-hari bekerja sebagai sopir tersebut.

Pada saat penangkapan tersangka tidak melakukan perlawanan, kemudian tersangka dibawa ke Polsek Kubung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut AKP Afdimon, para tersangka bisa dikenakan pasal pencurian yakni Pasal 362-367 KUHP yang berbunyi bahwa Barangsiapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, bisa diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda