1, 5 Ton Beras Raskim di Kantor Wali Nagari Koto Gadang Guguak di Gondol Maling

0
1166

SOLOK, JN- Ratusan kantong beras raskim atau rastra yang tersimpan di kantor Walinagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, hari Rabu dini hari (3/7), raib digondol maling.

Peristiwa tersebut baru diketahui Rabu pagi, saat perangkat kantor Walinagari masuk kantor sekitar pukul 8.00 Wib pagi hari. Para pegawai terkejut ketika di lokasi mendapati pintu depan kantor serta kaca kantor Walinagari sudah dalam keadaan rusak. Pegawai bertambah kaget ketika melihat tumpukan beras yang akan dibagikan untuk keluarga rastra sudah tidak ada.
“Saat pegawai masuk dan mengecek ruangan tempat raskin ternyata beras raskin sudah tidak ada. Kemudian kita langsung menghubungi Bapak Walinagari selaku untuk mengabarkan kejadian tersebut,” Sekretaris Nagari Koto Gadang Guguak, Ismail.

Tidak lama kemudian Walinagari datang ke kantor dan mengecek beras tersebut. “Setelah kita dihitung, sedikitnya ada sekitar 151 karung beras raskin hilang. Dengan kejadian itu, kita langsung melaporkan ke Mapolsek Talang, ” sebut Walinagari Koto Gadang Guguak, Adri.

Beras tersebut juga belum lama datang dan baru dalam pendataan untuk dibagikan kepada keluarga miskin.

Sementara Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan, S. Ik, melalui Kapolsek Gunung Talang, Iptu Yasril Muchtar, SH, usai mendapat laporan langsung meluncur ke TKP bersama anggota.

“Usai mendapat laporan, kita bersama anggota langsung mendatangi lokasi untuk memintai keterangan saksi dan olah TKP,” sebut Iptu Yasril Muchtar

Dari hasil olah TKP oleh anggota Indentifikasi, ditemukan pintu utama balai desa kunci slot atas dalam keadaan rusak dan kaca depan pecah. Sedangkam pintu dalam keadaan terkunci. Kemudian ditemukan ceceran beras raskin di ruangan balai desa. Untuk beras yang diambil sebanyak 1510 kg /151 sak karung dan per sak karung berisi 10 kg.

Kapolsek juga sangat menyayangkan bahwa tumpukan beras itu terlihat jelas dari luar dari pintu kaca, sehingga bisa mengundang kawanan pencuri untuk melakukan aksi kriminal.

“Kita menduga bahwa aksi pencurian ini terjadi sekira jam 02.00 keatas, sebab pukul 01.00 dini hari, anggota kita masih melakukan patroli dan melintas di depan kantor Walinagari dan kantor masih dalam keadaan aman, ” sebut Iptu Yasril Muchtar.

Agar kejadian yang serupa tidak terulang kembali, pihak Kepolisian menghimbau kepada pemerintah nagari apabila menerima raskin agar segera dibagikan. Atau paling tidak beras tersebut dijaga secara bergantian.

“Apabila di lingkungan masing-masing ada orang atau kendaraan yang mencurigakan segera datangi dan tanyakan apa keperluanya, sehingga tindak kriminalitas dapat segera diantisipasi,” tambah Iptu Yasril Muchtar.

Hingga berita ini diturunkan, anggota Polsek Talang masih melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dan perangkat nagari untuk mengungkap siapa pelaku pencurian beras rastra ini (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda