Dilepas Wabup Solok: Ribuan Pendaki Meriahkan HUT RI ke 74 di Puncak Gunung Talang

0
245

SOLOK, JN- Sekitar 5000 orang pendaki yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Solok dan Sumatera Barat serta Provinsi tetangga, Riau, Jambi dan Bengkulu, memadati jalur pendakian Gunung Talang Pos 1 yang berada di Jorong Koto Ateh, Koto Barueh dan Jorong Madang, Nagari Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sabtu (16/8).
Tampak para pecinta alam ini masih terus memadai jalur pendakian ini, hingga Sabtu siang.

Kehadiran para pendaki sudah tampak sejak Jum’at siang, dimana sudah lebih 2200 pendaki yang naik ke puncak Gunung Talang dengan ketinggian 2.597 Mdpl tersebut.
Kehadiran para pendaki yang mayoritas dinominasi kaum muda tersebut, dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 di Puncak Gunung Talang.
Bahkan tahun 2015 dan 2016 lalu, sekitar 5000 pendaki juga menggelar upacara bendera di puncak Gunung Talang. Kala itu yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera adalah Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin.

Sementara saat pendakuan kemaren, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, juga melepas secara resmi para pendaki bersama Kadis Pariwisata yang diwakili Kabid Promisi, Yandri serta Walinagari Air Batumbuk, Ronny Buswandi, berharap agar para pendaki mematuhi aturan dan berprilaku yang sopan selama berada di lokasi Gunung Talang.
Selain itu, pendaki juga dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarang tempat, karena akan mencemari lingkungan sekitar. “Semua sampah bekas makanan dan minuman serta lainnya, sebaiknya dibawa kembali kebawah dan dibuang pada tempat yang sudah disediakan, ” harap H. Yulfadri Nurdin.
Wabup juga menghimbau agar seluruh pendaki ikut menjaga kelestarian alam dan tidak mengotori alam gunung yang indah. Bahkan dari puncak gunung Talang, jika cuaca cerah akan tampak pemandangan empat danau, yakni Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang dan Danau Singkarak.

“Saya juga meminta para pendaki untuk berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan. Apalagi di lokasi ini sejak siang kemaren hingga hari ini, hujan terus mengguyur Aie Batumbuak dan sekitarnya. Dan jangan lupa, jaga alam dan kelestariannya, serta jaga etika,” jelas H. Yulfadri Nurdin.

Walinagari Air Batumbuk, Ronny Buswandi menjelaskan bahwa hingga Sabtu duang, diperkirakan jumlah pendaki sudah mencapai lebih dari 5000 orang. “Jumlah itu akan terus bertambah karena ini hari Sabtu dan hari lubur, ” sebut Ronny Buswandi.
Saat ini, di lokasi pos pendakuan, ribuan kendaraan roda dua dan empat, termasuk di rumah penduduk yang ada di sekitarnya, penuh dipadati kendaraan pendaki. Bahkan banyak juga diantara mereka yang berjalan kaki menuju lokasi.

Rata-rata para pendaki sangat berharap bisa melaksanakan Upacara HUT RI ke-74 di puncak Gunung Talang.

Kabid Promisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Solok, Yandri juga menjelaskan bahwa pendaki juga ada yang naik gunung dengan melalui jalur Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, serta jalur pendakian Simpang Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar dan lainnya.
Mereka datang secara berombongan dan kelompok. Hingga Sabtu malam, para pecinta alam ini masih terus memadai jalur pendakian ini.
“Diperkirakan jumlah pendaki mendekati 6000 orang, ” sebut Yandri (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda