Kisah

Dibalik Longsor Nagari Aia Luo, Ada Nyawa Yang Terselamatkan

×

Dibalik Longsor Nagari Aia Luo, Ada Nyawa Yang Terselamatkan

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN-

Longsor di Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, mengakibatkan jalan utama sepanjang lebih kurang 7 kilometer tertutupi oleh material longsor.


Longsor disebabkan hujan deras sepanjang Sabti (6/5) yang mengakibatkan banjir bandang yang menimpa Nagari tersebut.
Sedikitnya ada 29 titik longsor yang terjadi di jalur penghubung antara Jorong Kipek dan Jorong Tanah Sirah.
Menurut Walunagari Aia Luo,  Maila, jalur sepanjang 7 kilometer tersebut  tertutup akibat longsor serta ada sebanyak 30 titik material tanah yang ambruk.

Pada saat yang bersamaan, yakni pada musibah tanah longsor di Nagari Aie Luo ini, ada juga kisah perjuangan dramatis yang berbuah manis bagi seorang ibu muda yang bernama Nora Lita (18) yang akan melahirkan.
Menurut bidan desa setempat, Nora harus di rujuk karena ke rumah sakit daerah karena arus dioperasi.
Proses evakuasi Nora sempat terhalang karena akses jalan yang akan dilewati tertutup longsor. 
Beruntung Dinas PUPR kabupaten Solok cepat turun dengan mengirim 2 unit exkavator, sehingga jalan bisa dilintasi paramedis dengan membawa ibu muda pakai tandu.

Baca Juga :
Sampai Saat Ini Masih Ada Masyarakat Garabak Data Yang Menikah Diusia Dini

“Alhamdulillah ibu dan bayi dapat diselamatkan dan sehat-sehat saja. Karena sesuai laporan yang sampai ke Dinas Kesehatan, Nora Lita merupakan ibu hamil, dan merupakan calon ibu yang akan bersalin dengan penyulit sehingga harus dievakuasi dan dirujuk ke Rumah Sakit,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Zulhendri, SKM, M. Kes.

 Walau pada saat darurat itu masih belum bisa dilewati mobil, masyarakat dan tenaga medis kita sudah bisa lewat, walaupun mesti tetap harus melakukan evakuasi dengan berjalan kaki dan memakai tandu sejauh 7 Km.
Pihak Dinkes Solok sangat apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang terlibat. 
“Semoga pelayanan terbaik selalu bisa kita berikan kepada masyarakat, seperti halnya diarahkan oleh Bapak Bupati Solok. Mari selalu kita bekerja dengan penuh tanggung jawab,” tambah Zulhendri.
Sampai berita ini diturunkan, pihak BPBD dan PUPR kabupaten Solok masih melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor dan jalan juga sudah bisa untuk dilintasi pejalan jalan kaki.

Baca Juga :
Tangis Bahagia Buk Titin Sumarni Warga Gauang Pecah Dihadapan Wagub Sumbar

 Namun kendaraan roda empat belum bisa, dan diperkirakan jalan akan selesai dibersihkan selama tiga hari lagi,” kata dia.

Hingga berita ini diturunkan, hujan masih mengguyur Nagari Aia Luo dan beberapa titik rawan longsor masih disiagakan.

Dan beruntung musibah ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.