Kisah  

Bupati Solok H. Epyradi Asda Hadiri Acara Alek Kaua Yang ke-85, di Jorong Sianggai-Sianggai

 
SOLOK, JN- Bupati Solok Capt. H. Epyradi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M. Mar bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi hadiri acara Baralek Kaua yang ke-85, di Jorong Sianggai-Sianggai Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti, Jumat (15/7)

Tampak hadir pada kunjungan tersebut yakni Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi, Anggota DPRD Kab Solok, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat Hiliran Gumanti, Fahrizal, Camat Lembah Gumanti Zulbakti, Forkompimcam, Walinagari Sariak Alahan Tigo Baharuddin, Ketua KAN dan BPN Se-Kecamatan Hiliran Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta Masyarakat di Nagari Sariak Alahan Tigo
Bupati Solok bersama Rombongan berangkat dari titik kumpul di pasar  Nagari Alahan Panjang, dalam perjalanan menuju lokasi tujuan terlihat beberapa jalan dalam keadaan rusak, ini semua merupakan hal yang akan jadi fokus Bupati Solok untuk pembangunan pada tahun 2023 mendatang.

Bupati Solok Bersama Rombongan terlebih dahulu lakukan Temu Ramah dengan Para Guru yang bertugas di Nagari Sariak Alahan Tigo yang bertempat di SD Negeri 10 Sariak Alahan Tigo.
 H. Epyardi menyampaikan Perasaan senangnya bisa mendengar dan melihat secara langsung apa saja yang dibutuhkan untuk kemajuan pendidikan di kabupaten Solok yang akan datang.
Bupati juga Menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas pengabdian para guru sehingga bisa menciptakan generasi-generasi yang cerdas dan hebat.
“Hari ini saya dapat berdiri sebagai Bupati namun dahulu saya juga pernah merasakan menjadi seorang murid yang di didik oleh guru-guru yang hebat” sebut H. Epyardi
Usai melaksanakan Shalat Jum’at,  Bupati Solok H. Epyardi beserta rombongan, diarak bersama Ninik mamak, bundo kanduang serta Masyarakat Nagari Sariak Alahan Tigo menuju lokasi alek kaua.
 Bupati disambut dengan Tari Pasambahan dan penyerahan sirih dalam carano yang diselenggarakan langsung oleh Anak Nagari Sariak Alahan Tigo.
Ketua pelaksana Alek Kaua, menyampaikan bahwa kegiatan Baralek Kaua merupakan tradisi syukuran yang telah dilaksanakan secara turun temurun selama kurang lebih 240 tahun dan telah dilaksanakan sekitar 85 kali, kegiatan ini dilakukan untuk selalu menjaga persatuan dan kebersamaan antara masyarakat Nagari yang berlangsung selama dua hari di Lapangan Jorong Sianggai-Sianggai, seluruh pembiayaan dari kegiatan bersumber dari sumbangan Masyarakat.

Baca Juga :
Derita Muhammad Yunus Balita Usia Satu Tahun Warga Cupak Yang Terlahir Tanpa Lobang Anus

Sementara itu, Bupati Solok H. Epyradi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan senang atas antusiasme masyarakat dalam melaksanakan tradisi-tradisi adat yang telah ada sejak zaman dahulu. Kegiatan Alek Kaua ini juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
“Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur Tradisi Adat dan Budaya di Minangkabau. Acara ini juga bertujuan mengembalikan nilai-nilai kebudayaan yang sudah mulai pudar dikehidupan masyarakat,” papar  H. Epyradi Asda.

Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi, yang juga putri Bupati, memberi apresiasi atas kegiatan Alek Kaua ini yang dilaksanakan dengan meriah oleh masyarakat, beliau juga turut menyuarakan program-programnya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan
 Athari akan selalu memperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat dimana ini merupakan pengabdiannya sebagai perwakilan Kabupaten Solok di Pemerintahan Pusat.
“Mohon doa dan dukungannya agar saya senantiasa selalu terjaga dan bisa lancar dalam memperjuangkan aspirasi Masyarakat di Pemerintahan Pusat”tuturnya.

Baca Juga :
Tidak Ada Signal, Namun Ada Tempat Nelpon Khusus di Sianggai-Anggai


Diakhir acara Bupati Solok H. Epyradi Asda bagikan santunan kepada sebanyak kurang lebih 100 orang anak yatim di Nagari Sariak Alahan Tigo


Pada Kegiatan ini Bupati Solok bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga lakukan penandatanganan Prasasti Program Kegiatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dibawa oleh Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi, pada kesempatan ini jorong Sianggai-Sianggai mendapatkan sejumlah 10 Bantuan Bedah rumah dan 3 Bantuan P3-TGAI. (jn01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.