KisahSalingka Nagari

Bupati dan Baznas Solok Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Masjid Islamic Center

×

Bupati dan Baznas Solok Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Masjid Islamic Center

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN- Bulan Ramadhan merupakan bulanbpenuh Rahmah dan kasih sayang. Satu bulan penuh dari sekian bulan yang diwajibkan berpuasa oleh Allah SWT dan di dalamnya banyak terdapat kebaikan untuk berbuat pahalaDan setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Solok, bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), yang dipimpin Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M Mar, hari Selasa (19/4), menggelar buka bersama dengan ratusan anak yatim piatu beserta fakir miskin (dhuafa) di Kabupaten Solok bertempat di Islamic Centre, Koto Baru, Kecamatan Kubung.
Tampak hadir bersama Bupati Solok yakni Sekretaris Daerah Medison, Wakapolres Solok Kompol Irwan Zani, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD dilingkup Pemkab Solok, para Camat se-Kabupaten Solok, Wali Nagari se-Kabupaten Solok beserta anak-anak yang menerima santunan.

Sementara dari Pengurus BAZNAS Kabupaten Solok tampak hadir Ketua Drs H Sukardi, didampingi Wakil Ketua Nazaruddin MA, Dra Fauziah Amir, Drs Elyunus SH MKn, Syahrul Ramadhan SAg beserta Sekretariat Baznas turut menyertai.
Ketua Baznas, Sukardi dalam laporannya menyebutkan, bahwa santunan ini merupakan dari dana zakat yang diterima dari ASN dan masyarakat Kabupaten Solok. Maka dari hasil himpunan ini, sebahagiannya juga disalurkan dalam kegiatan seperti ini.
Jumlahnya santunan yang diberikan lebih kurang Rp.35 juta untuk santunan yang diserahkan buat sekitar 212 anak yatim piatu, fakir miskin yang ada di empat nagari.

Baca Juga :
Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, Bersilaturrahmi Jangan Pandang Bulu

Sementara Bupati Solok, H. Epyardi Asda, dalam sambutannya mengucapkan puji syukur alhamdulillah, karena pada malam 17 Ramadhan 1443 H ini, dirinya bisa bertemu dengan para anak yatim piatu dan fakir miskin, dalam rangka buka puasa bersama sekaligus pemberian santunan.

Menurut Bupati, usai Ramadhan nanti, akan masuk bulan Syawal, yang mana Syawal merupakan bulan Kemenangan, dimana kaum muslimin kembali ke fitrahnya, yang ditandai Shalat Iedul Fitri dan berlebaran bergembira.

Bagi anak yatim piatu dan fakir miskin (dhuafa), selama Ramadhan merupakan peluang besar bagi mereka mendapatkan santunan. Bagi anak yang tiada orangtuanya, bagi dhuafa nan papa, niscaya bulan Ramadhan ini tempat merasakan bagi yang berpunya untuk saling berbagi atas merasakan ketiadaan, kekurangan serta menahan barang yang dimiliki tapi tidak bisa menggunakannya.

Baca Juga :
Hingga Pekan ke-6, Persija Talang Masih Memimpin Klasemen Liga Talang Mandiri 

“Baznas Kabupaten Solok selalu memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan fakir miskin. Dan pada tahun ini ada sekitar 212 anak yang mendapat santunan, yang berasal dari empat Nagari yang dikelola Baznas. Semoga bisa sedikit meringankan beban kita semua,” terang H. Epyardi Asda.

Bupati berharap, kedepannya anak anak yatim, fakir dan miskin setiap Nagari juga bisa mendapatkan santunan.
Bupati juga menyampaikan, bahwa melalui himbauan serta surat edaran, dirinya mengajak kepada para pengusaha, dalam menunaikan zakatnya-sebagai muzakki atau pemberi zakat, agar dapat menyalurkan ke Baznas Kabupaten Solok. Karena dari Baznas, merupakan sebuah lembaga yang khusus mengelola zakat yang terakreditasi dari pemerintah.

“Dari Baznas itu sendiri, ada amil serta pendistribusian yang sangat jelas. Bagi penerima zakat (Mustahiq), para pengurus Baznas merupakan lembaga Zakat yang telah terpercaya,” jelas Epyardi Asda.


Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan secara simbolis bupati menyerahkan diwakili anak laki-laki dan perempuan (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *