Abdel Anif Anak Wakil Bupati Solok Punya Hobi Memelihara Ular

0
730

SOLOK, JN- Tidak banyak yang mengetahui, kalau putra ke empat Wakil Bupati Solok, Abdel Hanif Yulfadri Nurdin, ternyata memiliki hobi unik yakni memelihara ular piton. Tetapi jangan salah, ular peliaharaan Abdel adalah binatang tidak berbisa alias beracun.

Menurut Abdel Hanif, hobi memelihara ular tersebut sebenarnya sudah muncul sejak Sekolah Dasar, namun dirinya takut menyampaikan hal itu kepada orang tuanya.

“Entah kenapa saya senang saja melihat ular, tetapi yang pasti ular yang tidak berbisa, ” sebut Abdel Hanif, Kamis (15/8), di kediamannya.

Abdel baru berani membawa ular tersebut pulang kerumahnya, sejak setahun lalu. Selama ini terpaksa hobinya disimpan secara sembunyi-sembunyi.

“Ular kan jenis hewan melata yang tidak memiliki kaki memiliki tubuh yang panjang. Sama halnya seperti kadal, tubuh ular diselimuti oleh sisik sehingga termasuk ke dalam jenis reptil Squamata atau yang biasa disebut reptil bersisik,” sebut Abdel.

Disebutkan Abdel, Ular termasuk jenis hewan karnivora. Selain itu, ular juga bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu ular berbisa dan juga ular yang tak berbisa. Karena itu, ular menjadi hewan yang sering kali dianggap sebagai ancaman dan ditakuti oleh masyarakat.

“Sesuai perkembangan zaman, kekhawatiran masyarakat terhadap ular pun mulai berkurang. Anak-anak muda saat ini justru mulai menggemari ular dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan,” sebutnya.

Saat ini Abdel memelihara beberapa jenis ular piton seperti Jenis ular Ball Python, ular Python Reticulatus atai lebih dikenal dengan nama ular Sanca Kembang. Namun, di kalangan para penggemar ular peliharaan, jenis ular Python Reticulatus ini lebih sering dikenal dengan sebutan ular retic dan
Ular Blood Python.

Selain itu kenurut Abdek, di balik corak tubuhnya yang exotic, ular ini cenderung mudah dipelihara dan tidak merepotkan. Karena itu, jenis ular Phyton Reticulatus ini sangat direkomendasikan bagi para pemula.

“Untuk ular sanca kembang ini, adalah jenis ular peliharaan yang sangat diminati oleh semua kalangan pecinta ular, mulai dari yang newbie atau pemula sampai yang expert atau berpengalaman. Jenis ular ini sangat diminati karena tubuhnya yang terlihat garang, namun sebenarnya jinak. Ular ini juga tidak agresif, mudah dijinakan, dan tidak berbisa,” sebut Abdel.

Sementara keluarga Abdel, mengaku tidak pernah melarang hobi dirinya memelihara ular.
“Bapak dan ibu saya tidak melarang memelihara ular. Bahkan keponakan saya yang masih kecil juga senang main dengan ular, ” sebut Abdel.

Mengensi harga, untuk ular sanca kembang usia 6 bulan, antara Rp5 hingga 10 juta.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin yang merupakan orang tua Abdel menjelaskan, selagi hobi tersebut tidak menganggu pendidikan, maka pihaknya akan mendukung saja.
” Ya namanya juga anak muda, hobinya tentu beragam. Yang penting selagi tidak menganggu sekolah dan tidak terlibat kenakalan remaja, saya tentu akan dukung, ” sebut. H. Yulfadri Nurdin (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here