Wabup Solok Kunjungi Pasien Terlantar di Puskesmas Surian

0
177

SOLOK, JN- Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Senin (25/3), mengunjungi rumah Zulfahri atau akrab dipanggil Deri (31, warga Jorong Tambang, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, yang menderita penyakit kanker lidah selama bertahun-tahun.
Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Solok didampingi Camat Pantai Cermin, Chrismon Darma, S. IP, dan Walijorong Tambang serta tokoh masyarakat setempat.

Menurut keterangan keluarga, Deri sudah menderita penyakit kanker lidah sudah lama yakni semenjak masih di Jakarta. Bahkan di kampung halaman Deri juga sudah lebih satu tahun dirawat. Karena sudah berobat kemana-mana, termasuk ke Rumah Sakit Kanker Darmais di Jakarta, namun tidak juga membaik.
“Kita akan mencoba berobat di kampubg secara alami dan juga ke RS M. Jamil di Padang, ” jelas Anita, saudara pasien.

Deri selama ini berdomisili di Jakarta dan karena sakit kanker lidah yang dideritanya berkepanjangan, maka keluarganya berinisiatif untuk membawanya pulang kampung untuk berobat.
Disebutkannya, menurut dokter, penyakit yang diderita saudaranya adalah Kanker lidah yakni sejenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah.
“Kata dokter yang merawat, sel skuamosa merupakan sel berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan. Kanker lidah paling sering menyerang sel-sel skuamosa. Oleh karenanya, kanker lidah yang bermula dari sel ini disebut juga dengan kanker sel skuamosa,” terang Anita.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, meminta keluarga untuk tetap tabah dan berobat menggunakan BPJS kesehatan untuk meringankan biaya.

“Semua ini adalah ujian buat Deri dan keluarga dan kita tentu harus tabah dalam menerima cobaan ini, ” ucap Yulfadri Nurdin, memberi semangat. Wabup Solok itu juga menghimbau agar Deri terus berobat ke Rumah Sakit M. Jamil untuk penanganan medis lebih lanjut.

Usai mengunjungi pasien kanker lidah, Wabub Solok bersama Camat Pantai Cermin, juga mengunjungi seorang pasien terlantar yang menderita penyakit kusta kronis yang sudah lama dirawat di Puskesmas Surian. Pasien terlantar yang bernama M. Yamin, merupakan warga Dusun Mundo, Kabupaten Bangko, Provinsi Jambi.

Warga Surian menemukan M. Yamin pada tanggal 6 September 2018 terlantar di Pasar Surian dan kemudian diantar ke Puskesmas oleh masyarakat.

“Kita merawat pasien di ruangan khusus dengan biaya gratis karena pasien tidak memiliki keluarga di Solok ini, ” terang Kepala Puskesmas Surian, Pantai Cermin, Dasman, kepada Wakil Bupati Solok dan Camat Pantai Cermin.

Pihaknya sudah mengirim surat ke Dinas Kesehatan Kabupaten Solok agar pasien dirujuk ke RSUD Arosuka. Namun karena tidak ada uang dan keluarga, pasien tersebut menolak dirujuk ke RSUD Arosuka.

Pada kaki pasien sudah terdapat infeksi yang mengeluarkan bau tidak sedap, sehingga pasien terlantar ini diperlukan ruangan khusus untuk perawatannya dan tidak bisa dicampur dengan pasien lain (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda