Ribuan Mahasiswa Baiturrahmah dan Masyarakat Jawi-Jawi Gelar Makan Berjamba Dengan Bupati Solok

0
396

SOLOK, JN- Ribuan Mahasiswa dan dosen Univesitas Baiturrahmah Padang dan Masyarakat Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, menggelar acara ‘Makan Berjamba’ dengan Bupati Solok, H. Gusmal dan para Kepala Dinas di Pemkab Solok.

Acara makan bajamba ini, digelar di rumah gadang suku Melayu Datuak Nan Putieh, seusai penyambutam pembukaan acara pembukaan Social Responsibility (USR) oleh Bupati Solok, bertempat di Masjid Raya Jawi-Jawi Guguak, Jum’at pagi (21/6).

USR ini hampir sama dengan KKN Mahasiswa biasa, namun lebih luas dan lebih cakupannya.

Acara penyambutan berlangsung meriah dan dihadiri oleh seluruh Kepala SOPD di Pemkab Solok, unsur Forkompimda, Forkompincam seperti Kapolsek Talang Iptu Yasril Muchtar, SH, Canat Guntal, Misran Masdagar, niniek mamak, cadiak pandai, bundo kanduang, alim ulama serta madyarakat sekitar.

Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putieh, dalam sekapur sirihnya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Solok yang telah mengarahkan kegiatan ini ke nagari Jawi-Jawi Guguak.

” Kami segenap masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pihak Baiturrahman yang telah menyelenggarakan kegiata USR ini dan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dan Baiturrahmah sendiri, ” sebut Laswir Malin Putieh.

Dijelaskan Walinagari, selama berada di Jawi-Jawi Guguak, rombongam mahasiswa dan dosen rencananya akan melakukan atau menggelar kegiatan sosial seperti memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, penyuluhan kesehatan kesekolah-sekolah terdekat, tabliq Akbar, pertandingan persahabatan sepak bola, penanaman 1000 pohon dan kegiatan sosial kemasyarakarat lainnya seperti menggelar goro basama nagari dan tampek wisata.

“Kita berharap kunjungan rombongan dosen dan mahasiswa Baiturrahmah ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan juga untuk Baiturrahmah sendiri, ” jelas Laswir.

Rektor Universitas Baiturrahman Padang, Musliar Kasim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiata ini adalah untuk pengabdian perguruan tinggi dalam membantu masyarakat dan masyarakat.

“Kami membawa hampir seluruh dokter spesialis untuk melayani masyarakat Jawi-Jawi Guguak yakni 11 Dokter spesialis dan 750 orang Mahasiswa. Selain itu, kami juga memberikan bantuan kepada nagari Jawi-Jawi Guguak sebesar 10 juta rupiah,” sebut Musliar Kasim.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah menerima mahasiswa di rumah sakit umum Arosuka.

Rencananya rombongan yang hampir berjumlah 1000 orang dari Universitas Baiturrahmah itu, akan berada di nNagari yang sudah masuk Kampung Wisata Budaya tersebut hingga 23 Juni 2019.

Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof Musliar Kasim, kepada awak media menyebutkan bahwa rencana kunjungan ke kampung Wisata Budaya Jawi-Jawi Guguak adalah untuk melakukan kegiatan sosial ke masyarakatan seperti untuk meningkatkan membantu masyarakat menggali potensi yang ada serta kegiatan sosial lainnya.

“USR ini menjadi yang ketiga kali dilaksanakan oleh Universitas Baiturahmah di Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kabupaten Solok,” jelas Musliar Kasim.
Disebutkannya, sebelum di Kabupaten Solok, USR ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2017 dan di Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun 2018 lalu.

Mahasiswa juga akan menggelar USR berupa bakti sosial, gotong royong, tabligh akbar, Subuh Mubarokah, festival olahraga, dan festival seni serta penanaman pohon.

Selain itu, kegiatan lain yang melibatkan ribuan orang seperti pelayanan kesehatan gratis dengan mendatangkan dokter spesialis, dan sikat gigi massal yang melibatkan siswa.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya, juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan dosen Baiturrahman dalam rangka program USR 3 ini.

“Atas nama Pemerintah dan pribadi, kami mengucapkan banyak terima kasih karena program ini dilaksanakan di nagari Jawi-Jawi Guguak ini, ” sebut H. Gusmal.

Bupati juga menilai bahwa USR adalah sebuah program yang luar biasa, semoga Baiturrahman semakin maju kedepannya.

Disebutkan Bupati, Universitas Baiturrahman yang bergerak di bidang kesehatan rasanya sangat tepat sekali kegiatan ini di laksanakan di Kabupaten Solok karena kita di kabupaten Solok ini menjadikan kesehatan sebagai salah satu pilar pembangunan daerah.

“Kepada segenap SKPD di Kabupaten Solok, saya meminta untuk selalu memberikan dukungan penuh pada kegiatan USR ini. Sementara kepada masyarakat Jawi-Jawi, galilah ilmu sebanyak-banyaknya dari mahasiswa dan jangan malu bertanya kepada dokter-dokter spesialis yang ada nantinya.

“Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat untuk membantu dalam penyelesaian persoalan atau menggerakkan ekonomi melalui kajian penelitian dan pengabdian ke masyarakat,” harap H. Gusmal.

Selain itu Bupati berharap USR bukan hanya kegiatan kampus yang dipindahkan ke masyarakat saja, namun dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan perkembangan masyarakat.
“Kita berpesan kepada SOPD dan Camat wilayah yang dituju untuk bisa terlibat langsung dalam kegiaran USR ini dan membantu masyarakat dan mahasiswa dalam menjalankan aktivitas mereka, ” terang H. Gusmal.

Sementara aggota DPRD kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, juga berharap agar USR ini mahasiswa memberikan banyak pengalaman hidup langsung di tengah masyarakat sebelum terjun langsung di masa depan.

“Ini kegiatan positif yang harus dimanfaatkan kedua belah pihak dengan semaksimal mungkin,” tutur anggota DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu.

Usai acara pembukaan, rombongan mahasiswa, dosen, Bupati, tokoh masyarakat, SOPD, niniek mamak, berjalan kaki menuju rumah gadang melayu untuk makan bajamba yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh kaum ibuk-ibuk dan bundo kanduang dari berbagai Jorong di Nagari Jawi-Jawi Guguak. Selanjutnya penanaman pohon oleh Rektor Universitas Baiturrahmah, Bupati Solok, Walinagari dan lainnya.

Acara ini juga menjadi sorotan bagi turis asing dan domestik serta wartawan nasional dan daerah, karena berlangsung sangat meriah (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda