Polres Solok Undang Dinas Kesehatan Untuk Sosialisasi Virus Corona

0
306

SOLOK, JN- Polres Solok hari Selasa (17/3), mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, untuk menggelar Sosialisasi pencegahan  Virus Corona atau Covit-19, bertempat di Aula Bhayangkari Polres Solok.

Kegitan sosialisasi Pencegahaan Virus Corona / Covit 19 ini, dipimpin langsung oleh Waka Polres Solok, Kompol Hariyanto MH, MM dan di ikuti oleh para Kabag di Polres Solok, Para Kasat, Perwira Staff dan Personil Polres Solok.
Sementara yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Solok seperti Dr. Erda Hasan S.Pp Spesialis Paru di RSUD Arosuka, Drg. Aida Herlina dari Dinas Kesehatan Kab. Solok, Mevita Dewi S.Km dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan Krisfandi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok.


Menurut Dr. Erda Hasan S.Pp Specialis Paru di RSUD Arosuka, bahwa virus Corona adalah virus yang menyerang tenggorokan seperti  Flu dan radang tenggorokan, yang mengakibatkan menular ke Paru-paru (Pneumonia / peradangan Paru-paru). Gejala Corona Virus yaitu Demam, Batuk, Filek, Gangguan pernafasan.
“Pencegahan harus biasakan cuci tangan dgn sabun, Gunakan Masker, hindari kontak dgn hewan, hindari kontak dgn korban yg dicurigai mengidap gejala-gejala Corona, rajin melaksanakan olahraga, hindari makanan setengah masak,” sebut Dr. Erda Hasan S.Pp. 
Penyakit tersebut saat ini pengobatan saat ini belum ada, namun dgn cara Pengobatan Sportif memberikan terapi cairan dan oksigen. Namun kalau sudah sampai ke tahab Pneumonia menggunakan antibiotik.
Sementara Drg. Aida Herlina dalam sosialisasi pencegahan Virus Corona / Covit 19, menyampaikan bahwa Kabupaten Solok saat ini sudah ada 16 orang masuk dalam pantauan, dikarnakan 16 orang ini berasal dari Negara Terjangkit Corona Virus.dan 134 orang di Indonesia terkonfirmasi Virus Corona.

Sementara Pengelompokan pertahapan kepada pasien dibagi sebagai berikut Orang Dalam Pantauan (ODP), Pengawasan Dalam Pantauan (PDP), Suspek, Terkonfirmasi Suspek Covit 19. 
Sementara alur deketsi penanganan Covit 19 yakni Warga yang pulang dari daerah / Negara terjangkit covid 19 dan Warga pulang dari Rumah Sakit yg merawat Pasian Covid 19.
Untuk Sumber Data yang diperoleh oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Solok yaitu Perangkat Nagari menjadi perpanjangan tangan dalam pemberikan informasi kepada warga terjangkit gejala-gejala Covit 19 dan melaporkan ke Dinkes Kabupaten Solok.”Dinas Kesehatan Kabupaten Solok sudah melakukan Sosialisasi dan Himbauan di 14 Kecamatan Kabupaten Solok,” sebut Aida Herlina.

Saat ini Pemkab Solok juga sudah melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya virus corona ini (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here