SOLOK, JN- KA SPN Polda Sumbar Kombes Pol. Rifki SH, S.IK beserta rombongan, hari Jum’at (26/6), mengunjungi Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, untuk Supervisi Program Kampung Tangguh Nusantara atau Kampuang Tageh yang ditetapkan Polda Sumbar dan Polres Solok bersama Pemkab Solok.

Selain KA SPN Polda Sumbar Kombes Pol. Rifki SH, tampak hadir di Nagari Jawi-Jawi Guguak antara lain Kapolres Solok AKBP. Azhar Nugroho ,S.H,S.IK M.Si, Waka Polres Solok Kompol Harianto ,M.H,M.M, Kakor Gadik SPN Polda Sumbar Kompol TM Simanung Kalid, Asisiten 1 Kab.Solok EDISAR Manti Basa .S.H, Asisiten 2 Kab.Solok
Medison, Kabag Ops Polres Solok AKP.Joko Hendro Lesmono ,S.H,S.IK, Kasat Binmas AKP. Bambang Haryono,SE, Kasat Lantas Polres Solok IPTU Hidayanda Rizky ,S.H, Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Joni, Kepala Dinas DPMN, Ferisnopel, Kadis Dispora Zulkisar, Kadis Sosial Yandra, Kasat Pol PP Khairul, Kasi Propam Polres Solok IPTU Erisonadi, Kapolsek Gunung Talang IPTU.Azwari Siregar, Camat Gunung Talang Misran Masdagar, Wali Nagari Jawi-Jawi Laswir Malin Putieh., Ketua KAN Jawi-Jawi Admun Riwanto Pasak Bumi dan seluruh Perangkat Nagari Jawi-Jawi.

Adapun rangkaian Kegiatan KA SPN Polda Sumbar di Nagari Jawi-Jawi Guguak antara lain berkeliling kampung dengan didampingi oleh Kapolres Solok.

Rombongan menuju dan mengecek Pos Pengamanan Kampung Tageh Rumah Gadang kemudian rombongan mengunjungi tempat Pengolahan Pangan yang ada dinagari tersebut.

Selanjutnya rombongan bergerak mencek Posko Kesehatan Kampung Tageh Rumah Gadang dan sekaligus penyerahan Pangan secara simbolis oleh Ka SPN kepada warga bersama Kapolres dan rombongan.

Menurut KA SPN Polda Sumbar Kombes Pol. Rifki SH, Konsep kampung tangguh yaitu menitik beratkan peran serta elemen masyarakat sehingga penyebaran covid-19 dapat dicegah dan kampung tersebut mempunyai daya cegah penyebaran covid-19.

“Program kampung tangguh nusantara merupakan program dari Kapolda Sumbar. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai covid-19, membentuk masyarakat akan waspada bahaya covid-19, membangun solidaritas antar warga, meminimalisir dampak sosial ekonomi karena covid-19,” jelas Kombes Pol. Rifki SH.

Disebutkannya, Kampung tangguh untuk wilayah Polresta Solok adalah Nagari Sungai Durian Kec. IX Koto Sungai lasi dan untuk wilayah Polres Solok Arosuka adalah Nagari Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang.

Rencananya Launching program kampung tangguh ini pada tanggal 1 juli 2020 bertepatan pada hari bayangkara dan yang akan dinilai ada 3 bidang, yakni Kesehatan, pembentukan posko, penerapan pola hidup sehat. Yang kedua Sosial ekonomi. pembangunan softskill ketahanan pangan dan yang ketiga Keamanan atau penerapan SOP pelanggaran kejahatan ringan, meningkatkan sistem kemanan kampung.

Kampung tangguh ini memiliki konsep ketahanan pangan yang hasil panen nya dapat di panen dibawah 75 hari. Dan yang terakhir pemerintah Kabupaten Solok siap mendukung program kampung tangguh nusantara ini dan pemerintah daerah meminta camat, walinagari serta perangkat nagari dan forkopincam terkait untuk serius dalam menjalankan program kampung tangguh nusantara ini (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here