SOLOK, JN- Walinagari Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Yuneldi, hari  Kamis (11/6), menggelar diskusi dengan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati Solok di Arosuka.
Hadir bersama Walinagari Air Batumbuk antara lain Sekretaris Nagari, Yaldasri, Kepala Jorong Koto Ateh, Alinasura, Kepala Jorong Sangkar Puyuh, Afriadi dan lainnya.
Diskusikan tersebut berkaitan dengan masih banyaknya warga di Nagari Air Batumbuk yang belum memiliki fasiltas air bersih dan berharap pemerintah bisa membantu menyediakan sarana air minum melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Air Batumbuk.
“Pasalnya, program Pamsimas tersebut dinilai mampu menjawab persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari terutama soal air bersih. Jadi kami datang kesini untuk meminta arahan dari Bapak Wakil Bupati, sebut Yuneldi.

Pihaknya sangat bersyukur karena belum lama ini ada pengurus Pamsimas Kabupaten Solok yang datang dan berjanji akan membangun Pamsimas di Jorong Koto Ateh Nagari Air Batumbuk.Sayangnya karena mewabahnya virus covid-19, sampai saat ini belum ada lagi kabarnya. Padahal masyarakat sudah bersedia menyumbang demi kelancaran Pamsimas.
“Selama ini, warga masih menjerit karena kekurangan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih harus menempuh jarak yang begitu jauh,” sebut Yulnedi.

Walinagari juga melaporkan bahwa untuk antisipasi Covid-19, pemerintah nagari juga aktif menyerukan ke masyarakat untuk memakai masker dan rajin cuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, Wabup Solok, H. Yulfadri Nurdin, menyatakan bahwa program Pamsimas tersebut merupakan terobosan Presiden RI melalui Kementrian PUPR yang menginginkan air minum terakses di seluruh daerah yang ada di Indonesia termasuk di Air Batumbuk.


“Semoga dalam waktu dekat bisa terwujud karena program ini merupakan program yang mengedepan banyak keterwakilan masyarakat dalam setiap tahapan prosesnya. Karena memang program itu merupakan program swadaya,” sebut Yulfadri Nurdin.
Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, berharap agar masalah air bersih itu segera diatasi.”Semoga dalam waktu dekat ini semua warga di Air Batumbuk segera menikmati air bersih,” sebut H. Yulfadri Nurdin.
“Sementara untuk mencegah virus Covid-19, Wabup berterimakasih kepada Walinagari yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menghimbau masyarakat untuk memakai masker,” sebut H. Yulfadri Nurdin (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here