Bupati Gusmal Resmikan Gedung Rawat Inap Puskesmas Talang Babungo

0
225

SOLOK, JN-Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, hari Sabtu (23/3), meresmikan penggunaan
Gedung Puskesmas Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok.
Tampak hadir mendampingi Bupati pada acara peresmian gedung tersebut antara lain Ketua DPRD Solok, H. Hardinalis, SE. MM, Kadis Kesehatan, Dr. Hj. Sri Evianti, M.Kes, unsur Forkompimcam Hiliran Gumanti, Camat Hiliran Gumanti, Syafrudin, Wali nagari Talang Babungo, Zulfatriadi, Ketua LKAM, BMN dan tokoh masyarakat Se kecamatan Hiliran Gumanti.

Ketua panitia pelaksana acara yang juga Kepala Puskesmas Talang Babungo, Budi Arman, S.Keb dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Bupati Solok dan Ketua DPRD Kabupaten Solok beserta rombongan yang telah hadir pada acara peresmian gedung rawat inap ini di Puskesmas Talang Babungo.

Acara tersebut sekaligus pencanangan kampung peduli PTM di Jorong Tabek Nagari Talang Babungo. Disebutkannya. gedung Rawat INAP ini dibangun dari dana DAK bidang kesehatan tahun 2018 yang terdiri dari dua lantai, yang mana
lantai 1 ruang perawatan dengan jumlah 10 tempat tidur dan lantai 2 ruangan pertemuan serta ruang administrasi. Selain itu juga dilengkapi 2 unit rumah para medis.

Sementara pencanangan Kampung peduli PTM melalui pemasangan Pin PTM kepada salah seorang penderita PTM yang berperilaku cerdik dan patuh.
Pemasangan Pin TB sasuku kepada penderita motivator TB.

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Solok, Dr. Hj.Sri Evianti, M.Kes, dalam sambutannya menyebutkan bahwa Puskesmas perawatan atau puskesmas rawat inap merupakan puskesmas yang diberi tambahan ruang dan fasilitas untuk menolong penderita gawat darurat, baik berupa tindakan operatif terbatas maupun rawat inap sementara, sesuai standard pelayanan minimal bidang kesehatan.

“Semoga dengan diresmikan gedung ini akan meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Talang Babungo ini, ” jelas Dr. Hj.Sri Evianti, M.Kes.
Puskesmas Talang Babungo juga meningkatkan pelayanan dengan inovasi sesuai dengan kemampuan Puskesmas antara lain pemasangan pin PTM bagi warga kecamatan Hiliran Gumanti yang berperilaku cerdik dan sehat.

Sementara Ketua DPRD kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, dalam sambutannya memberi presiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah melakukan penambahan gedung rawat inap Puskesmas Talang Babungo ini.

“Saya berharap dengan adanya penambahan Gedung Rawat Inap ini, pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan lebih baik lagi kedepannya,” jelas Hardinalis.

Sedangkan Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyebutkan bahwa
Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

“Puskesmas fungsinya sebagai penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama dan upaya kesehatan perorangan atau UKP di wilayah kerjanya. Kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dari Empat Pilar Pembangunan bidang kesehatan,” terang Gusmal.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komponen yang mendukung program kesehatan.serta fungsi DPRD dalam hal ini memberikan peran yang besar. Bangunan ini menurut Gusmal juga berkat dukungan wakil rakyat kita di legislatif.

“Melalui Launching Gedung Rawat Inap Puskesmas Talang Babungo ini, mari kita tingkatkan gerakan masyarakat hidup sehat bagi masyarakat Kabupaten Solok,” cetus Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda