Aqua Solok Ajak Masyarakat Untuk Membiasakan Diri Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

0
431

SOLOK, JN– Peusahaan air minum terkemuka di Kabupaten Solok, PT. Tirta Investama, memperingati hari cuci tangan se dunia bertempat di kelok batuang , Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Kamis (15/10).
Pada kesempatan itu, managemen Aqua Solok mengajak masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun.  
PT Tirta Investama pabrik Solok bersama mitra pelaksana program CSR Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) provinsi Sumatera Barat, melakukan kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dihadiri puluhan masyarakat dan anak-anak.

Menurut pimpinan PT. Tirta Investama Pabrik Solok (TIV Solok ), Endro Wibowo, yang diwakili oleh Kepala CSR PT. Tirta Investama, Jon Betric dan Humas PT Tirta Investama Pabrik Solok atau Stakeholder Relation PT.TIV Solok Azra`i, bahwa acara ini adalah dalam rangka meperingati hari Cuci Tangan se dunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober ini. 
Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan adalah Senam CTPS, Demontrasi CTPS, Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat PHBS, Pemilahan sampah dan Penilaian Jamban Sehat. 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan kabupaten Solok, pemerintah nagari Batang Barus. 
“Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun ini bertujuan untuk menproteksi diri dan mencegah secara sederhana datangnya penyakit seperti diare, infeksi kulit, mata, cacing SAR dan flu burung termasuk penyakit yang mewabah saat ini covid-19,” sebut Jon Betric.
 Disebutkannya, Aqua Solok bersama mitra tidak hanya mendorong dan mengajak masyarakat untuk selalu Hidup Bersih dan Sehat pada saat covid-19 mewabah sekarang ini namun jauh sebelumnya tepatnya sejak tahun 2016 dengan kebaikan Aqua bersama mitra sudah melakukan kampanye PHBS melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 
“Aqua menyadari bahwa mencuci tangan pakai sabun yang benar minimal selama 21 detik adalah salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 dengan cara sederhana: kebersihan tangan, terutama melalui CPTS di air yang mengalir, menjaga jarak dan memakai masker,” terang Jon Betric, yang diamini rekannya Azra’i.

 Program STBM ini sudah melakukan edukasi kepada 2000 jiwa lebih masyarakat di dusun 3 jorong Kayu Aro, dusun Andaleh dan Jariang jorong Kayu Jao, dusun Rawang dan Kelok Batuang jorong Lubuk Selasih. Program ini akan terus dikampanyekan ke depan untuk meningkatkan kesehatan dan taraf kehidupan masyarakat sekitar operasional pabrik.

Pihaknya berharap, melalui program STBM, Aqua Solok juga sudah memfasilitasi masyarakat untuk membangun 109 unit jamban yang standar melalui program STBM agar masyarakat tidak BAB di sembarangan tempat. 


Selain itu Aqua Solok bersama masyarakat juga sudah membangun sarana akses air bersih melalui program Water Access Sanitation and Hygiene (WASH) yang tersebar di 3 jorong nagari Batang Barus.
 Jika ditotalkan panjang pipa air Bersih yang sudah terpasang sejak tahun 2011 sampai sekarang mencapai 25.550 meter dengan 2.245 jiwa masyarakat menerima manfaatnya. 
Harapan ke depannya, Aqua akan terus melaksanakan program-program CSR agar lebih dirasakan lagi manfaatnya oleh masyarakat secara berkelanjutan dalam jangka panjang.
 Program lainnya adalah mendorong masyarakat petani untuk mengolah lahan pertanian mereka dengan pola ramah lingkungan (organic) melalui Sekolah Lapangan, mendampingi masyarakat membuat makanan ringan menjadi beraneka produk yang berbahan dari stroberi, membuat berbagai jenis kue basah dan kering lainnya. 
Program konservasi untuk infiltrasi air atau meresapkan air ke dalam tanah yang bermanfaat bagi masyarakat mengurangi run of air hujan. 
Aqua Solok Bersama masyarakat sudah menanam 21.664 pohon buah diantaranta 12.600 batang adalah kopi arabika, 350 rorak, 69 sumur serapan, dan 661 lubang biopori (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here