Walikota Toyohashi Jepang Kunjungi Kota Solok

0
1422

Pemko Solok Akan Kerjamasa Dibidang Pengelolaan Limbah Dan Pertanian Dengan Toyohashi

SOLOK, JN – Walikota Toyohashi, Jepang beserta rombonganya mengunjugi Kota Solok pada hari Rabu lalu, dalam rangka menjalin kerjasama pengelolaan Air Bersih. Kedepanya Pemerintah Kota (Pemko) Solok akan lebih mempererat kerjasama dibidang yang lainya, dimasa yang akan datang, yakni dibidang pengelolaan limbah, pertanian dan lainya.

Wakil Walikota Solok Reinier mengatakan kerjasama antara Pemko Solok dan Pemko Toyohashi telah berlansung sejak tahun 2013 yang terlaksana secara people to people. Kemudian berlanjut berkat bantuan JICA pada tahun 2015 dibidang pemurnian air bersih yang masih berlanjur hingga tahun 2018.”Kerjasama ini telah lama terjalin, dan harapan kedepanya akan dilaksanakan kerjasama dibidang lainya,”kata Wakil Walikota Solok Reinier, di Balairung, Rumah Dinas Walikota Solok, pada kegiatan temu ramah dengan Walikota Toyohashi, Rabu Malam (22/2).

Sejauh ini kunjungan PDAM Kota Toyohashi ke Kota Solok sudah sebanyak 7 kali kunjungan kerjasama. Sementara kunjungan Walikota Toyohashi, Mr.Koichi Sahara adalah kunjungan kedua kalinya di Kota Solok.

Walikota Toyohashi, Mr.Koichi Sahara mengatakan, bahwa dia sangat tertarik dengan budaya Minangkabau, terutama seni tari. Dia juga berharap kerjasasama antara Kota Toyohashi dan Kota Solok dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakata Kota Solok,”saya telah mencicipi berbagai hidangan di Kota Solok, serta saya sangat menyukai budaya seni tarinya. Selain itu juga perkembangan pertanian di Kota Solok juga cukup menarik, dimana para petani masih bercocok tanam secara tradisional,”katanya.

Sementara itu Koichi berharap, kerjasama tersebut dapat membuahkan hasil, yaitu manfaat untuk masyarakat Kota Solok. “Harapan saya kedepanya kerjasama ini dapat terjalin baik, dan yang paling utama adalah dapat bermanfaat untuk masyarakat di kota ini, itu yang terpenting, saya ingin masyarakat Kota Solok dapat langsung meminum air yang bersih dan segar langsung dari air Ledeng PDAM dirumahnya masing-masing,” harap Walikota Toyohashi.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan, bahwa Pemko Solok, tertarik untuk melakukan kerjasama lanjutan dengan Toyohashi dibidang lainya, terutama dibidang teknologi. Seperti peningkatan kualitas SDM sektor pertanian, penanganan usaha-usaha pertanian dengan lahan terbatas serta hasil yang optimal, pengelolaan limbah dan lainnya.

“Banyak harapan pemerintah untuk kerjasama, dibidang lainya, yakni dibidang teknologi, seperti pertanian, pengelolaan limbah, dimana kota solok masih sangat lemah dalam melakukan penanganan limbah, kemudian kerjasama dibidang tenaga kerja, menyiapkan tenaga kerja terlatih yang profesional dibidang-bidang lainnya. Itu harapan kedepanya, jika tidak ada halangan, pasti kerjasama yang bermanfaat untuk masyarakat akan dapat terwujud,”jelas Zul Elfian Jumat (24/2).(Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here